491935159ARSENAL punya catatan kandang bagus, khususnya atas Tottenham Hotspur. Tetapi Spurs sebaliknya saat ini justru sedang melaju tak terkalahkan.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Arsenal dan Tottenham Hospurs akan terlibat dalam derby London Utara di Emirates, Ming­gu (8/11/2015) malam WIB, dengan The Gunners bertindak sebagai tuan rumah dan The Lily Whites menjadi tamunya.

Dalam catatan Opta, dari 18 laga terakhir di Premier League Arsenal sudah mencatat 13 ke­menangan dan cuma dua kali kalah. Pada periode itu gawang Arsenal bahkan cuma kebobolan sembilan gol.

Sudah begitu, Spurs yang akan dijamu kali ini juga cuma bisa meraih satu kemenangan dalam 22 lawatan terakhir ke markas Ar­senal, membuat statistik Arsenal atas Spurs kian terlihat oke.

Derby London Utara sudah menunggu Arsenal setelah keka­lahan telak dari Bayern Munich di Liga Champions. Tak boleh berlama-lama larut dalam keka­lahan, Arsenal diminta untuk le­kas bangkit. Di matchday 4 Liga Champions tengah pekan kema­rin, Arsena pulang dari Allianz Arena dengan kekalahan mema­lukan. Mereka dipaksa menyerah dengan skor telak 1-5 dari Bayern.

Kekalahan tersebut datang tepat sebelum Arsenal melakoni laga derby London Utara mela­wan Tottenham Hotspur di Emir­ates Stadium, Minggu (8/11/2015) malam WIB. Berbanding terbalik dengan Arsenal, kubu Spurs se­dang dalam momentum oke setelah tak terkalahkan di 10 per­tandingan secara beruntun di liga.

Bek Arsenal, Per Mertesacker, meminta timnya untuk tak lama-lama meratapi kekalahan dari Bayern. Sudah ditunggu Spurs, Arsenal diminta untuk menunjuk­kan reaksi yang lebih baik. “Kami akan belajar banyak dari laga ini, kami harus banyak belajar dan kami harus bermain lebih baik melawan Tottenham,” ujar Merte­sacker kepada situs resmi klub seperti dikutip Sportsmole.

Baca Juga :  NPCI Dukung Atlet Paralympic Raih Juara Umum pada Paperda VI Jabar

Akan tetapi, membicara­kan statistik, Spurs pun punya catatan tak kalah oke. Sejak kalah dari Manchester United di pekan pembuka, Spurs sudah melaju tak terkalahkan di 10 partai Pre­mier League musim ini. “Kami harus bangun, menyingkirkan energi negatif, dan melawan balik. Tapi jika ingin mengalah­kan Tottenham, maka kami harus segera pulih,” lanjut bek asal Jer­man itu.

“Kami bermain baik belakan­gan ini, bertahan dengan baik dan itulah yang harus jadi fokus kami. Kami harus ingat laga-laga itu, mencoba untuk move on dari performa ini dan fokus mengalah­kan Tottenham. Kami harus men­ganalisis dengan cepat dan segera memulihkan para pemain,” kat­anya.

Arsenal saat ini menempati peringkat kedua klasemen Pre­mier League dengan 25 poin dari 11 laga. Pasukan Arsene Wenger itu cuma kalah selisih gol dari Manchester City yang ada di pun­cak. Sementara itu, Spurs ada di urutan kelima dengan 20 poin.

Berikut data dan fakta seputar laga itu seperti dirangkum Opta :

Arsenal sudah meraih 13 ke­menangan dan cuma dua kali ka­lah dalam 18 laga terakhir Premier League di Emirates, kebobolan sem­bilan gol saja pada periode tersebut.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Spurs cuma meraih satu ke­menangan dari 22 lawatan terakh­ir Premier League ke markas rival­nya di London Utara (1 menang, 8 imbang, 13 kalah).

Sejak debut pada Agus­tus 2012, Olivier Giroud sudah mencetak gol sundulan terbanyak di Premier League (15).

Tottenham cuma menelan dua kekalahan dalam 10 laga tandang terakhirnya di Premier League (4 menang, 4 imbang, 2 kalah).

Mesut Oezil memiliki jumlah assist terbanyak di antara lima liga top Eropa musim ini (9).

Olivier Giroud sudah mem­buat gol dalam lima dari tujuh penampilan terakhirnya di Pre­mier League.

Empat dari enam gol Giroud di Premier League merupakan assist dari Oezil, termasuk tiga terakhir secara beruntun.

Arsenal sudah mencetak 199 gol dan kebobolan 97 gol di derby London dalam Premier League pada laga kandang. Arsenal juga telah mengoleksi 399 poin dari se­luruh derby London.

Petr Cech memiliki persentase terbaik dalam jumlah penyela­matan di kompetsi teratas musim ini (83%) dan cuma butuh satu clean sheet lagi untuk menyamai rekor David James sebanyak 169 clean sheet di Premier League.

Spurs menjalani rentetan tak terkalahkan terpanjang di Pre­mier League, setelah tidak lagi merasakan kekalahan di ajang itu sejak laga pembuka (10 pertandin­gan; 5 menang, 5 seri, 0 kalah).