bimaBANYUWANGI TODAY – Kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Banyuwangi, menarik perhatian Pemerintah Kota Bogor untuk datang ke kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini. Tidak tang­gung-tanggung, Wali Kota Bogor Bima Arya pun datang untuk belajar dan melihat secara langsung kemajuan kabupaten berjuluk The Sunrise of Java ini bersama dengan rom­bongan aparat birokrasinya.

Bima Arya mengatakan, selama ini dirinya telah sering mendengar ten­tang kondisi terkini Kabupaten Banyu­wangi dengan berb­agai prestasinya di berbagai forum di Jakarta. Kebetulan dia mendengarkan informasi terse­but langsung dari pemaparan mantan Bupati Abdullah Azwar Anas yang beberapa kali men­jadi narasumber di berbagai forum bersamanya. “Semakin sering dengar prestasinya, saya jadi makin penasaran in­gin datang ke Banyuwangi,” kata Bima Arya saat berada di Lounge Pelayanan Publik, Kantor Pemkab Banyuwangi, Rabu (18/11/2015).

Baca Juga :  Pemkot Bogor Gelar FGD UU HKPD dan Cipta Kerja

Salah satu yang ingin di­pelajarinya dari Banyuwangi, kata Bima, adalah terkait pelay­anan publik. Bima pun mengaku terkesan dengan berbagai infor­masi pelayanan publik yang bisa diakses langsung melalui web­site milik Pemkab saat berada di lounge. Seperti proses perizinan, transparansi keuangan dan ang­garan daerah, dan perencanaan pembangunan. “Semuanya telah terdigi­talisasi dalam perangkat teknologi dan bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Ini menunjukkan Pemkab Banyu­wangi menjalankan pemerintahan yang transparan dan bisa menjaga akuntabili­tas,” ujar Bima yang ditemui Penjabat Bu­pati Banyuwangi Zarkasi dan Sekretaris Daerah Slamet Kariyono.

Bima juga mengaku tertarik den­gan pengembangan pariwisata yang di­lakukan oleh Banyuwangi. Menurutnya Banyuwangi berhasil mempromosikan daerah hingga mendongkarak kunjungan wisatawan. Untuk itu Bima pun menyem­patkan diri melakukan kunjungan ke be­berapa tempat terkait pariwisata, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pantai Boom, Dormitory Taman Sritanjung, dan Pendopo Sabha Swagata.

Baca Juga :  Kejuaraan Sepatu Roda Bogor Open 2022, 560 Atlet Berebut Piala Wali Kota

Usai mengunjungi tempat-tempat tersebut, Bima pun sekali lagi mengaku terkesan dengan apa yang telah dilaku­kan oleh Banyuwangi. Menurutnya pemerintah daerah telah memikirkan dan mengeksekusi pembangunan dengan sangat detail. Seperti pembenahan Pan­tai Boom, pembangunan ruang terbuka hijau dan pengelolaan kebersihan kota semuanya dilakukan untuk kepentingan masyarakat sekaligus mengembangankan pariwisata kota. “Kami sangat terinspirasi dengan pembenahan yang telah dilaku­kan daerah ini, semuanya sangat relevan untuk diterapkan di Bogor,” cetus Bima.

Bima mengatakan, Banyuwangi mam­pu melakukan perubahan sistemik yang terstruktur. Mulai dari pembinaan kepega­waian, peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi akuntabilitas, penataan kota hingga pengembangan pariwisata. “Karena semua ini wajar Banyuwangi ban­yak dapat banyak penghargaan dan Kota Bogor pun sangat wajar ingin belajar ke Banyuwangi,” tutur Bima.

(Yuska Apitya/*)