foto-ABOGOR Today – Kejuaraan olahraga Pencak Silat Tropy Kemenpora Cup I, 2015 yang diselengga­rakan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Peng­da Jabar di Gedung Olahraga Pajajaran, Senin (23/11/2015) resmi berakhir.

Keluar sebagai Juara umum adalah Nusan­tara Jabar dengan raihan 3 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Diikuti saudara seperguruan dari Nusantara Sukabumi dengan perolehan dua medali emas, dua perak dan 1 perunggu.

Sedangkan yang menduduki peringkat ke­tiga adalah Tajimalela Kabupaten Bogor. Mereka mendapatkan uang pembinaan dan piala ber­gilir kemenpora Cup.

Sisanya sebanyak 24 pemain meraih prestasi sempurna dalam kategori tanding. “Mereka yang memang mendapatkan uang pembinaan dengan besaran Rp5 untuk juara pertama, juara kedua Rp3 juta dan juara ketiga hanya 1 juta,” ujar Ketua Panita Penyelengara Kejuaraan olah­raga Pencak Silat Tropy Kemenpora Cup I, 2015, Helmi Sutikno, Kamis ( 26/11/2015).

Baca Juga :  Resep Cumi Saus Padang Sederhana Tapi Bikin Nagih

Lebih lanjut ia mengatakan para atlet yang menang mendapatkan tropy, medali dan pia­gam penghargaan.

Menanggapi hasil kejuaraan ini, memperli­hatkan banyak potensi atau bakat-bakat terpen­dam di daerah perbatasan dan bisa dikembang­kan terutama sebagai atlet pencak silat.

“Saya merasa bangga, karena dengan persia­pan yang mepet, acara ini terbilang sukses dan bisa menjadi wadah para Perguruan silat dan atlet untuk latih tanding,” ungkap mantan atlet nasional pencak silat ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Syarif mengatakan adanya event ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat strategis, dimana dijadikan bahan evaluasi pembinaan pencak si­lat di Jabar.

“Siapapun juaranya, ini merupakan hasil evaluasi diri, dan pembinaan amsing-masing perguruan yang ada di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Dirinya berharap event ini tidak hanya ber­henti sampai disini, namun tetap berlanjut den­gan mengadakan event serupa setiap tahunnya.

Baca Juga :  KOPRI PMII Kota Bogor Temui Bunda Yantie Rachim Bahas Stunting

Menurutnya, olahraga pencak silat harus terus dilestarikan khususnya di Bogor, karena selain me­miliki budaya yang kuat, dengan pencak silat bisa membangun karakter generasi muda kedepan.

“Kami (pemkot,red) akan selalu mendukung penuh setiap kegiatan olahraga yang diadakan, tak hanya pencak silat saja,” imbuhnya.

Terpisah, Manager KPSN Jabar Burhanudin Lutfie menambahkan kemenangan yang di raih timnya hingga keluar menjadi juara umum itu tidak mudah. pasalnya, banyak pesilat-pesilat tangguh yang turun dalam kejuaraan ini.

Namun dengan bermodalkan percaya diri dan persiapan matang, akhirnya bisa mendapat­kan hasil yang memuaskan. “Ini langkah awal dari kami, agar kedepan bisa lebih baik lagi, karena lebih sulit mempertahankan gelar juara dari pada merebutnya,” pungkas.

(Imam)