BOGOR, TODAY – Selama dua hari Hotel Salak Heritage, ramai dikunjungi pelancong-pelancong yang gemar dengan teknologi, lantaran sedang diselenggara­kannya IT FUN Festival 2015. Acara yang digagas Digital Ap­likasi International (DGI) ini un­tuk mengenalkan teknologi mu­lai dari usia dini.

Tidak hanya memamer­kan karya-karya anak bangsa, pengunjung yang hadir dapat mengikuti workshop untuk program animasi, yang akan langsung dipraktekan oleh para peserta. Selain workshop ani­masi, anak-anak usia 6-12 tahun juga turut hadir dalam IT FUN Festival 2015, yang mengikuti perlombaan dikhususkan untuk anak-anak ini, antara lain, Robot Competition, disana para peser­ta anak wajib merakit robot yang sudah disediakan oleh DGI yang bekerjasama dengan rumah ro­bot.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf), Sahlan Rasy­idi yang juga hadir di acara ini, mengatakan, ini acara yang ber­manfaat bagi masyarakat Bogor, dengan adanya IT Fun Festival 2015 ini, dapat mengenalkan beberapa produk yang dibuat oleh anak bangsa maupun dari luar negeri. Ia mengaku, bangga pada kreatifitas anak bangsa yang mampu menciptakan teknologi baru. “Seperti ciptaan orang Bogor, yang mampu men­gisi batre telepon genggam, dan kebetulan saya dikasih,” akunya, saat menghadiri IT FUN Festival, sabtu, kemarin.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Sahlan juga menjelas­kan, kedepannya dari Disbud-parekraf Kota Bogor, khususnya ekonomi kreatif akan mendata beberapa para pelaku usaha un­tuk menyamakan persepsi eko­nomi kreatif yang ada di Disbud­parekraf Kota Bogor. “Langkah awal kita akan mendata ekraf IT, dan di 2016 akan ada program-program yang merangkul para pelaku IT. Apalagi tentang robot, kita ingin Bogor mampu me­nyaingi Kota lain,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pani­tia IT Fun Festival 2015, Amelia, mengatakan, acara ini untuk semua umur dan kalangan, juga diikuti berbagai usia dan kalan­gan mulai anak-anak sampai orangtua. “Ini merupakan acara bertema teknologi di Bogor, akan ada berbagai macam pro­gram acara seperti Kompetisi Robotic 3D, Animation 3D, Char­acter Modelling, Cosplay, Play Station ,Kids Digital Coloring, Workshop, Bazaar makanan dan IT expo,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

Melia juga menegaskan, IT Fun Festival 2015 ini bertujuan untuk memberikan informasi teknologi kepada masyarakat Bogor dan membuat Kota Bogor jadi Smart City yang maju dalam segi teknologi. “Harapannya ke depan anak-anak Bogor lebih paham dan mengenal tentang teknologi tidak hanya gadget saja tapi lebih kepada ilmunya,” ungkapnya.

Melia kembali menjelaskan, untuk lombanya yaitu lomba ro­botik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan lomba Digital Pict Colouring yakni lomba mewarnai dengan media gadget. Ia menambahkan, ada tiga kategori lomba robotik untuk anak-anak yakni kategori pertama lomba robot widu beru­pa melomba merakit robot dari lego dan memprogramingnya. Kategori dua lomba BM Spead Wilding lomba basis mekanisasi dan kategori ketiga lomba NXT dan EV3. “Acara berbau teknolo­gi, harus dimanfaatkan untuk anak-anak kearah yang positif. Juga untuk memperkenalakan robotik kepada masyarakat Bo­gor,” terangnya.

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================