Foto : Kozer
Foto : Kozer

Bertambah lagi satu ruang publik di Kota Bogor. Namanya Taman Ekspresi. Begitulah sebutannya. Taman ini terletak di pojok Lapangan Sempur.

(Rizky Dewantara)

TAMAN seluas 3.000 meter persegi ini dikhu­suskan untuk wadah menyalurkan bakat, kreativitas, dan aspirasi warga. Jadi warga Bogor yang mau menggelar demontsrasi bisa dilaku­kan di taman ini. Wa­likota Bogor Bima Arya akan menemui para demonstran di tempat ini.

Taman Ekspresi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat duduk, vertical garden, lampu hias, dan pang­gung terbuka yang bisa dimanfaatkan nantinya untuk interaksi warga.

Taman ini diklaim menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kota Bogor dalam merealisasikan agendanya menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Sejuta Taman. Namun, keberadaan taman ini tentu tidak terlepas dari ancaman dan dampak negatif yang mungkin muncul. Seperti vandalisme maupun oknum yang menggunakannya sebagai tempat pacaran, misalnya.

Baca Juga :  Ganjil Genap Dihari Kerja Dinilai Ganggu Aktivitas Warga

Sebagai langkah preventif, Pemkot Bogor melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sudah menyiapkan pasukan Park Ranger atau Polisi taman untuk menjaga taman.

Taman ini resmi dibuka oleh Walikota Bogor Bima Arya Su­giarto, Minggu (16/11/2015). Bima mengatakan, masyarakat bebas berekspresi, namun harus daftar dulu karena akan ada pengelolanya secara khusus. “Ini namanya juga taman ekspresi jadi tempat warga Bogor apa pun latar belakangnya, berapa pun usianya, boleh datang ke sini asalkan diatur dulu jadwalnya karena nanti ada pengelolaanya. Di sini bebas mau membaca puisi, mau bermain musik, atau bagi mahasiswa boleh berora­si,” kata Bima. “Nanti akan dipasang CCTV dan dikelola secara rapi supaya taman ini tetap bersih,” tambahnya.

Baca Juga :  Kowantara Tolak Kebijakan Aturan Makan 20 Menit

Bima juga mengatakan, Taman Ekspresi dibangun meng­gunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 sebesar Rp2 miliar. “Taman ini untuk warga sebagai tempat istirahat, dan mengekspresikan berbagai macam suara hati, baik seni, musik, puisi, atau pun mau curhat soal kondisi Kota Bogor,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, mengatakan, di taman ini, setiap minggunya akan dijadwalkan kegiatan bersama berbagai komunitas di Kota Bo­gor. “Tempat ini luar biasa. Nanti akan disosialisasi kepada ma­syarakat agar tempat ini tidak hanya jadi tempat bermain, tapi bekerjasama dengan DKP agar bisa membuat jadwal kegiatan bersama-sama Komunitas Hijau setiap minggunya. Jadwal itu untuk memotivasi masyarakat Kota Bogor untuk punya ekspre­si yang dimunculkan,” ungkapnya.