c508cec6-d0f4-11e4-8b2f-50875627f692-1020x1529Tahun ini menjadi catatan sejarah buat Novak Djokovic. Tiga gelar grand slam jadi bukti kalau petenis nomor satu dunia itu benar berjaya.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Djoker, sapaan akrab Djokovic, coba menggenapinya menjadi tahun emas dengan memper­tahankan gelar ATP Final yang akhir pekan ini mulai digelar di London.

Bicara soal grand slam, tahun ini meru­pakan momen yang baik dibandinkan 2011 lalu. “Ini terkait dengan perasaan saya di semua pertandingan, bagaimana bermain dan merasakan suasana di lapangan. Saya merasa menjadi pemain komplet dalam hal fisik dan teknik dan terus berkembang sejak 2011. Mental pun makin stabil,” un­gkap Djokovic dilansir Reuters, Jumat (13/11/2015).

Jika melihat peluang rasanya bukan hal sulit. Grafik permainannya terus mening­kat setelah sukses juga mengoleksi enam gelar seri Masters. Lawan yang akan diha­dapinya di London pun pernah dikalahkan di berbagai turnamen tahun ini.

Lalu bagaimana dengan catatan per­tandingannya ketika akan tampil di Lon­don? Djokovic masih memegang rekor 22 kemenangan beruntun.

Sedangkan rekor menang kalah, catatan Djoker menunjukkan 75 kemenan­gan dan hanya lima kali kalah.

Seperti diketahui, Final ATP akhir pe­kan ini dimulai. Kei Nishikori menjajal pe­tenis nomor satu dunia Novak Djokovic di laga pembuka.

Ajang penutup akhir tahun yang akan berlangsung di London mulai 15-22 No­vember ini sudah ditunggu pecinta tenis dunia.

Publik pastinya mendapatkan suguhan menarik dari delapan petenis papan atas dunia yang mengincar total hadiah USD 7 Juta atau setara dengan Rp 95 Miliar.

Seperti dilansir ATP, Jumat (13/11/2015), sama seperti format sebelumnya para pe­tenis akan dibagi dalam dua grup, Stan Smith dan Ilie Natashe.

Menggunakan sistem round robin membuat semua petenis harus meraih ke­menangan sempurna guna mengunci tiket semifinal. Djokovic dan Niskori berada di Grup Stan Smith bersama Roger Federer serta Tomas Berdych.

Sementara itu di Grup Ilie Nastase akan bergabung Stan Wawrinka, Rafael Nadal, Andy Murray, dan David Ferrer. Grup ini akan memainkan pertandingan mulai Senin, Rabu, dan Jumat. (*)