Untitled-15New Jade RS, dari sisi tam­pang, mobil ini cukup cantik. Tongkrongannya pendek (beratap rendah), memanjang, bahkan mirip model estate. Namun jika dilongok ke dalam, ternyata mempunyai bangku baris ke-3 yang bisa diisi dua orang.

Sementara di baris kedua hanya bisa diduduki dua orang dengan cap­tain seat. Tapi yang paling dahsyat adalah mesin barunya. Jade RS yang di Jepang dijual sekitar 2,5 juta yen atau setara Rp 280 jutaan itu sudah menggendong mesin terbaru VTEC Turbo 1.500 cc.

Menurut Powertrain Project Leader Honda Jade dari Honda R&D Co. Ltd, Daihei Teshima, mesin generasi terbaru ini menjadi bagian dari strate­gi Honda dalam hal downsiz­ing turbo y a n g bertenaga tapi irit bahan bakar. ”Mesin 1.500 cc, tapi tenaga yang dirasakan se­tara dengan mesin-mesin baru 2.000- 2.500 cc dan jauh lebih irit bahan bakar,” ucap Teshima San dalam pre­sentasi sebelum test drive.

President Direktur HPM Tomoki Uchida tidak menampik kemungkinan unit ini mengaspal di Indonesia. namun, dirinya juga tidak mau memastikan. Uchida San justru malah balik bertanya. ”Bagaimana menurut Anda, apakah bisa masuk Indonesia,” celetuknya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandi pun men­gungkapkan. Namun setelah itu, dia mengatakan bahwa jika masuk Indo­nesia, Jade akan menjadi pilihan unik untuk segmen MPV.

”Kami sedang mempertimbangkan­nya, termasuk melaukan survei pasar, lalu menganalisa dari segi harga. Jika di Jepang Rp 2,5 juta yen, kira-kira di In­donesia bisa mencapai Rp 300 jutaan, dan itu sudah masuk di segmennya In­nova,” kata Jonfis. (*)

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]