WASHINGTON TODAY – Sepasang plat nomor kendaraan yang membawa Presiden Amerika Serikat John F Ken­nedy ketika dia tewas ditembak, laku dilelang seharga 100.000 dollar AS. Ni­lai itu setara dengan Rp 1,3 miliar.

Limosin yang mengangkut Kenne­dy diperbaiki setelah pria yang akrab disapa dengan sebutan JFK itu ditem­bak di Dallas, Negara Bagian Texas, pada November 1963. Adapun kedua pelat nomornya dibuang begitu saja.

Oleh pemilik perusahaan yang memperbaiki limosin tersebut, ked­ua pelat nomor itu kemudian diam­bil dan diserahkan ke putrinya, Jane Walker.

Selama bertahun-tahun Jane me­nyimpannya di dalam laci dapur. “Saya sadar akan nilainya. Beberapa kali saya menunjukkannya ke teman-teman,” kata Jane Walker, pewaris plat kendaraan bernomor G-300 itu.

Namun, Jane kemudian memu­tuskan untuk menjual plat nomor tersebut melalui pelelangan di Kota Dallas. Semula pelelangan mendu­ga kedua plat itu akan laku senilai 40.000 dolar AS.

Nilai itu terlampaui saat seorang kolektor barang-barang peninggalan Kennedy membelinya. Rumah lelang mengatakan sang kolektor enggan namanya dipublikasikan.

Selain plat limosin yang memba­wa Presiden Kennedy, rumah lelang itu juga menjual menu makan malam terakhir Titanic sebelum kapal terse­but tenggelam. Menu itu terjual se­harga 118.750 dollar AS atau setara dengan Rp 1,6 miliar.

(Yuska Apitya/net)

============================================================
============================================================
============================================================