HLPersatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Bogor, kembali mengge­lar kejuaraan PRSI Cup Open 2015 di Kolam Re­nang Mila Kencana, kompleks GOR Pajajaran. Kejuaraan ter­buka ini bakal digelar tanggal 5-6 Desember 2015.

Sekretaris Umum (Se­kum) PRSI, Candra Kusuma mengatakan bahwa kejuaraan tersebut akan kembali digelar secara terbuka dan bertujuan untuk menjaring bibit-bibit muda potensial Kota Bogor yang memiliki talenta di bi­dang olahraga renang.

“Jujur saja, PRSI Kota Bogor masih kekurangan at­let untuk bisa diterjunkan di ajang Pekan Olahraga Dae­rah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018 mendatang. Maka dari itu, selain menggener pembentukan klub renang, kami juga bakal sering meng­gelar kejuaraan,” katanya.

Lebih lanjut dipaparkan­nya, kejuaraan PRSI Cup 2015 yang digelar 5-6 Desem­ber 2015 mendatang itu me­nyasar peserta para pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), pelajar usia Sekolah Menen­gah Pertama (SMP) dan pe­lajar usia Sekolah Menengah Atas (SMA). “Ternasuk se­luruh klub yang berada di Kota Bogor dan sekitarnya,” ujarnya.

Minimnya atlet renang yang dimiliki PRSI Kota Bo­gor, lanjutnya, tidak bisa dibi­arkan berlarut-larut, mengin­gat butuh persiapan secara matang untuk mencetak atlet andal menjelang Porda XIII Jabar 2018.

“Saat ini memang benar PRSI kekurangan atlet, se­hingga kami harus kembali menggelar kejuaraan. Bagi para atlet berprestasi yang terjaring pada kejuaraan nan­ti, kami akan terus bina un­tuk memperkuat Kota Bogor di Porda 2018 mendatang,” lanjutnya.

Candra memaparkan, Kota Bogor sebetulnya ban­yak memiliki perenang ber­prestasi. Namun, hal miris terjadi di Kota Hujan ini. Bagaimana tidak, para at­let yang seharusnya mem­bela wilayahnya sendiri, kini malah membela daerah lain.

“Banyak perenang handal di sini. Namun karena merasa tidak diperhatikan, mereka lebih memilih pin­dah ke DKI Jakarta yang san­gat strategis untuk mengikuti berbagai program kejuaraan. Seperti para atlet yang me­nyumbangkan medali di ajang Porda Jabar XII/2014 lalu,” pungkasnya. (*)

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]