tanam-pohonBOGOR, TODAY – Alumni SMAN 3 Bogor yang tergabung dalam Pur­wa Charta, menanam 300 pohon di sekitaran Jalan Bogor Regional Ring Road (R3), Bogor Timur, Sabtu (28/11/2015). Ini merupakan sebuah gerakan dalam memperingati hari menanam pohon 2015.

Walikota Bogor, Bima Arya Sug­iarto yang turut hadir dalam kegiatan ini mengimbau agar penanaman po­hon tidak sebuah seremoni, namun pohon-pohon yang ditanam harus ada yang merawat dan bertanggung jawab.

“Ini kegiatan penting. Supaya po­hon yang ditanam tidak masi begitu saja, harus dirawat supaya bisa hid­up dan terus tumbuh,” kata Bima.

Bima mengakui, untuk menuju Bogor sejuta taman, tidak bisa di­lakukan pemerintah tanpa peran serta masyarakat.

“Kota Bogor memang sedang berbenah terutama dalam urusan taman. Menuju Bogor Kota sejuta taman, bersih dan nyaman, tak bisa dilakukan seorang diri, tentu butuh peran serta yang konkkrit dari war­ga,” kata Bima

BACA JUGA :  7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Harus Diketahui Semua Orang

Kota Bogor kini sedang berbe­nah terutama dipertamanan, seperti pembangunan taman ekspresi yang berada di area Sempur, Bogor Ten­gah baru baru ini sudah diresmikan, menyusul Taman Jalan Heulang yang pengerjaanya terus digeber.

Bima pun meminta pihak DKP bisa bekerjasama dengan para Alum­ni agar pohon yang ditanam tidak ru­sak dengan melakukan pengawasan dan perarawat

Sementara itu ketua pelaksana penanaman sejuta bibit pohon untuk Kota Bogor yang indah dan nyaman, Rina Agustini (42), merasa senang karena meski kegiatan menanam pohon merupakan kegiatan kali per­tamanya dilakukan Purwa Charta namun mendapatkan respon positif dari anggotanya terlebih lagi Wa­likota beserta rengrengan bisa meng­hadiri kegiatan.

Purwa Charta yang diambil dari bahasa sansekerta yang artinya Alumni ini sudah terbentuk sejak ta­hun 2013 dan beranggotakan mantan siswa SMAN 3 pada zamannya hingga mantan siswa tahun 2015, memang memiliki segudang kegiatan sosial, namun untuk penanaman pohon baru kali pertama dilakukan. “Ini penanaman kami pertama yang mu­dah-mudahan bisa mempercantik Kota Bogor,” ujarnya

BACA JUGA :  Ini Daftar 16 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Pemilihan Jalan R3, kata Rani, bertujuan agar pohon-pohon yang ditanam disini bisa dinikmati peng­guna jalan, karena Jalan R3 meru­pakan cikal bakal ikon Kota Bogor.

Rani beserta Purwa Chatra bertekad akan menjaga dan merawat bibit pohon yang ditanam sebanyak 300 batang pohon, tersebut terdiri dari 100 pohon buah kelengkeng. 100 pohon mahoni dan 100 pohon kenari persatu bulan sekali mericek kondisinya tentu saja bekerjasama dengan pihak DKP.

“Kami pasti takan membiarkan pohon ini mati karen nantinya kami akan bangga jika jalan ini sudah dir­esmikan dan kami punya pohon un­tuk memberikan sentuhan kesejukan di jalan ini,” pungkasnya.

(kozer)

============================================================
============================================================
============================================================