Luis-Suarez---FootyRenders-(2)BARCELONA sudah ditunggu laga di kandang Real Madrid usai jeda internasional. Usai berhasil merebut takhta klasemen pekan lalu, Barca bertekad mempertahankannya di laga El Clasico

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Barca naik ke puncak klasemen usai mengum­pulkan 27 poin berkat kemenangan 3-0 atas Villarreal di jornada 11 lalu. Posisi mereka lantas tak tergeser lagi oleh Madrid karena Los Blancos justru takluk 2-3 di kandang Se­villa.

Usai jeda internasional, Barca akan melawat ke Santiago Ber­nabeu untuk melakoni El Clasico jilid pertama musim ini, Sabtu (21/11/2015). Blaugrana menuju Bernabeu dengan keunggulan tiga poin atas Madrid di klasemen.

Barca bertekad untuk pu­lang dari Bernabeu dengan poin penuh agar posisinya di puncak klasemen tak tergoyah­kan. Sedang dalam laju oke, Gerard Pique yakin Barca bisa memenuhi misi tersebut.

“Kami di laju terbaik musim ini. Kami memainkan pertand­ingan kami yang paling komplet sejauh ini di hari Minggu, tapi ini tidak berarti apapun karena El Clasico adalah pertandingan yang berbeda secara keseluru­han. Hal yang paling penting adalah kami saat ini memimpin klasemen dan kami berharap tetap jadi pemuncak klasemen setelah pertandingan,” ujar Pique seperti dikutip Football Espana.

Melawat ke Bernabeu, Pique diprediksi akan mendapat sam­butan tak menyenangkan me­nyusul ejekannya untuk Madrid beberapa waktu lalu. Tapi Pique tak akan ambil pusing soal hal itu. “Akahkah saya disoraki? Saya kira begitu, kami tidak pernah disambut dengan baik di Berna­beu, tapi itu wajar. Ada rivalitas yang kuat dalam hal olahraga di antara kami,” katanya.

Trio Lionel Messi-Luis Su­arez-Neymar (MSN) menoreh­kan capaian fantastis dengan mencetak 122 gol musim lalu. Berpatokan pada apa yang sudah diraih, MSN punya kans untuk melewati rekor mereka sendiri di musim ini.

MSN menjadi trio paling me­matikan musim lalu. Total ada 122 gol diciptakan ketiganya di semua kompetisi resmi, yang berbuah treble winners untuk The Catalans. Messi jadi pe­main paling subur dalam peri­ode tersebut dengan 58 gol. Di belakangnya ada Neymar yang membuat 39 gol dan terakhir Su­arez yang menambahkan 25 gol.

Mengulang atau bahkan me­lewati torehan tersebut jelas bu­kan hal yang mudah. Tapi sam­pai sejauh ini musim berjalan, trio MSN berada di jalur untuk mematahkan angka 122 gol terse­but.

Kondisi Barcelona di awal musim ini sejatinya tidak ideal. Messi sudah beberapa pekan ab­sen dan belum diketahui pasti kapan akan kembali. Selain itu Luis Enrique juga ditinggal ban­yak penggawanya yang secara bergantian (atau bersama-sama) mengalami cedera. Tapi itu sama sekali tidak memengaruhi ketaja­man El Barca, setidaknya untuk Neymar dan Suarez.

Kembali ke soal gol. Meski tanpa Messi, Barcelona tetap ru­tin menjebol gawang lawan. Su­arez dan Neymar jadi tumpuan utama di lini depan. Sejak Messi cedera dalam laga dengan Las Palmas, Barcelona sudah mem­buat 13 gol di La Liga Primera. Semuanya dicetak Neymar dan Suarez.

Total di sepanjang musim ini Neymar sudah membuat 13 gol. Angka tersebut lebih banyak dibanding periode yang sama musim lalu, di mana dia mem­buat 12 gol. Penurunan jumlah gol dialami Messi, yang sudah absen sejak akhir September. Di peri­ode yang sama musim lalu Messi sudah melesakkan 11 gol, angka tersebut lima gol lebih banyak dari yang dia buat sejauh ini (6).

Peningkatan jumlah gol ter­besar tentu saja dialami Suarez. Striker asal Uruguay itu kini sudah membuat 13 gol di semua kompe­tisi. Di periode yang sama musim lalu Suarez belum membuka rek­ening golnya, itu terjadi karena dia masih dalam periode huku­man akibat insiden dengan Gior­gio Chiellini di Piala Dunia 2014. Suarez menjalani debut di bulan Oktober dan baru sebulan kemu­dian mencetak gol pertamanya.

Jika dikumpulkan, trio MSN sejauh ini sudah melesakkan 32 gol. Angka tersebut lebih banyak dibanding periode yang sama musim lalu, di mana jumlah gol mereka baru 23 gol. Jika MSN bisa menjaga ritme mencetak golnya sampai akhir musim, jum­lah 122 gol musim lalu akan bisa mereka lewati.