Untitled-1BOGOR, TODAY – SMP Pesat Bogor menggelar kompetisi ‘Sang Juara, Be Number One’ untuk sekolah tingkat SD dan SMP se-Bogor Raya.

Berlokasi di Kampus 1 Pesat di Jalan Poras 7, Loji, Sindangbarang, Kota Bogor, ajang ini bertujuan untuk mencetak peserta didik yang handal dan berkualitas.

Ketua Panitia, Herlan Sonjaya memapar­kan, selain melahirkan pelajar berkualitas, ke­giatan ini untuk mewujudkan murid yang be­rakhlak mulia, berilmu, cerdas dan terampil. Kegiatan ini juga terbuka untuk SD dan SMP baik negeri maupun swasta se-Bogor Raya.

“Kegiatan ini merupakan yang ketiga ka­linya, dan diharapkan semakin tahun semakin baik kualitasnya,” ujar pria yang juga mengajar seni budaya ini.

Selain itu, kata Herlan, kegiatan ini se­bagai aplikasi nyata tujuan nasional seb­agaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, adalah usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Seiring dengan tujuan di atas, maka SMP Pesat mengadakan lomba ‘Sang Juara, Be Number One Tingkat’ SD dan SMP se-Bogor Raya.

Baca Juga :  ITB VINUS Sambangi DPRD Sampaikan Pengembangan SDM Berbasis Pendidikan

“Selain menguji kemampuan siswa SD dan SMP dalam bidang pelajaran, lomba ini juga menguji wawasan pengetahuan umum siswa yang mungkin sulit dilakukan pada ulangan-ulangan formal. Lomba ini selain interaktif, juga didesain penuh dengan nuansa permain­an dan hiburan. Sehingga diharapkan semua aspek terintegrasi dalam lomba ini,” papar dia.

Masih di tempat yang sama, Kepala SMP Pesat, Kiki Mohamad Ahdiat menambahkan, materi yang diberikan lomba untuk SD meli­puti bahan-bahan pelajaran sampai dengan semester ganjil kelas 6 dan wawasan pengeta­huan umum.

“Sedangkan materi lomba untuk SMP me­liputi bahan pelajaran sampai dengan semes­ter ganjil kelas IX dan wawasan pengetahuan umum,” tambahnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kota Bogor Datangi SDN Otista yang Ambruk

Sementara itu, salahsatu pemerhati pendi­dikan Kota Bogor, Heru Budi Setyawan, meni­lai perlombaan ini memberikan wadah untuk meningkatkan daya saing antar pelajar SD dan SMP se- Bogor Raya. ”Menciptakan siswa-siswa yang cerdas dan berwawasan luas,” ujarnya.

Siswi SMP Insan Kamil, Vania Irbah Anar­gya mengungkapkan kegembiraannya sebagai juara pertama tingkat SMP.

“Saya jadi tambah wawasan pengetahuan yang up date ikut lomba ini, pokoknya saya senang banget,”tambah Vania.

Senada dengan Vania, murid SD Sukada­mai 3, Muhammad Syaugi Hafidz juga sangat bersemangat sebagai juara tingkat SD. “Lomba ini benar-benar menantang saya dan melatih mental saya,” ujarnya.

(Latifa Fitria)