Casey-Stoner-&-Honda-RC-213V-S-01BOLOGNA, Today – Supervi­sor Tim Ducati Corse, Da­vide Tardozzi menyatakan bahwa test rider barunya sekal­igus juara dunia MotoGP 2007 dan 2011, Casey Stoner segera tiba di markas Ducati, Borgo Panigale, Bologna, Italia untuk melaku­kan beberapa adaptasi di atas mo­tor baru yang masih disebut Des­mosedici GP-X.

Meninggalkan Honda Racing Cor­poration (HRC) akhir musim ini, Stoner kembali ke pabrikan yang pernah ia bela pada musim 2007-2010 itu.

Pebalap asal Australia yang pensiun dini dari MotoGP pada akhir 2012 ini­pun bertugas membantu General Man­ager Ducati Corse, Luigi “Gigi” Dall”Igna untuk mengembangkan motor terbaru.

BACA JUGA :  Petik Kemenangan, Timnas Indonesia di Peringkat 2 Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tardozzi menyatakan bahwa Stoner turun lintasan untuk pertama kalinya di atas Desmosedici di Sirkuit Sepang, Ma­laysia pada Januari mendatang, yakni sebelum Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso menjalani uji coba resmi di tempat yang sama pada 1-3 Februari.

“Kami tengah menjalani proses finalisasi soal beberapa detail tera­khir dengan Casey, tapi kami belum mendapat tanggal yang tepat. Yang jelas, uji coba Casey akan dilakukan di Malaysia sebelum para pebalap pabri­kan melakukannya,” ujar Tardozzi ke­pada GPOne.

Meski begitu, mantan manajer tim Ducati WorldSBK ini tak menutup ke­mungkinan pihaknya tetap menurunk­an test rider mereka yang lain, Michele Pirro lebih dulu untuk memberikan arahan kepada Stoner yang sudah tak mengendarai Desmosedici lagi sejak MotoGP Malaysia 2010.

BACA JUGA :  Fabio Quartararo Beri Sinyal Hengkang dari Yamaha

Mungkin timnya meminta Michele turun lebih dulu untuk kontak per­tama. Tapi ia tak mau terlalu memaksa Casey, namun jika mau ngotot sejak awal, maka feedback juga akan sangat penting.

“Kami merencanakan lebih banyak uji coba dengannya, agar ia bisa mema­hami motor kami dan mengembalikan kepercayaan dirinya,” tutup Tardozzi.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================