Untitled-7Ada berbagai macam sumber inspirasi dalam membangun sebuah usaha. Contohnya adalah hobi yang bila dijalani dengan serius, maka dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bila hobi memasak, maka dapat membangun restoran atau catering. Bukankah indah bila kita mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang kita sukai?

Oleh : Muhammad Rizal Oktavian
[email protected]

Anggrek Catering adalah salah satu contoh sukses dari hobi yang menghasilkan rupiah. Estie Raha­yu Sagita, sang pendiri Anggrek Catering mengatakan memasak adalah hobinya. “Saya memang hobi mema­sak. Bahkan hobi saya inipun turun ke anak saya. Saya suka memasak dengan anak saya yang kedua sejak ia masih balita,” tutur Estie kepada Bogor Today, Minggu (20/12/2015).

Anggrek Catering dapat menyediakan keperluan konsumsi untuk acara-acara Anda. Seperti untuk pesta pernikahan, suna­tan, rapat perusahaan, dan lain-lain. Pilihan menunya juga beragam, dan dapat disesuai­kan dengan permintaan pelanggan. Dan, ten­tunya dengan rasa yang tidak diragukan lagi. “Kita dapat menyediakan untuk berbagai keperluan, pilihan menunya dapat disesuaikan dengan permintaan dan kebutu­han. Tapi tetap dengan standar yang telah ditetap­kan oleh Anggrek Cater­ing ini,” jelasnya.

Bukan hanya makan­an berat, tapi Anggrek Catering juga dapat memenuhi permintaan snack untuk acara-acara spesial Anda. “Ada juga snack berupa kue basah dan kue kering. Sama dengan makanan berat, snacknya dapat disesuaikan dengan permintaan,” kata wani­ta berusia 49 tahun ini.

Dalam penyajiannya, Esti juga menye­suaikan antara makanan dengan acaranya. “Misalnya untuk tumpeng, kalau acaranya di TK kan tidak mungkin kita mengisinya dengan serundeng. Tapi kita akan sesuaikan dengan makanan-makanan yang disukai oleh anak-anak seusia itu,” jelasnya.

Untuk harga, Estie mengaku sudah me­miliki pilihan-pilihan berupa paket makanan yang dapat dipilih oleh pelanggan. “Kita su­dah memiliki pilihan-pilihan paketnya. Tapi bila ingin menyesuaikan dengan kebutuhan atau permintaan menu-menu terntentu, itu bisa kita atur. Pokoknya kita tidak akan mem­persulit pelanggan dalam memesan. Tinggal menyebutkan budget untuk perpaketnya, maka kita akan membuatkan daftarnya,” jelas Estie.

Walaupun pelanggan dapat mengatur mau seperti apa pesanannya, tapi Anggrek Catering tetap memiliki standarisasi untuk menjaga kualitas makanan yang dibuat. “Mis­alnya, kita tidak akan menggunakan nasi yang pulen untuk setiap paketnya. Bahan baku yang digunakanpun berkualitas,” tutur wanita kelahiran 1 Januari 1966 ini.

Turun ke Anak

Estie mengatakan bahwa Anggrek Cater­ing sudah ada sejak tahun 2009, sebelumnya ia berbisnis rumah makan ayam bakar di daerah Laladon. “Saya usaha rumah makan semenjak saya pindah dari Sukabumi ke Cio­mas,” katanya.

Tapi Estie mengaku bahwa sudah 2 tahun, usahanya ini ditangani oleh anak keduanya Farrah Virginia. “Saya percayakan usaha ini ke putri saya, dia juga hobi memasak seperti saya. Bahkan sekarang ini ada beberapa ma­sakan yang resepnya itu berasal dari kreasi dia (Farrah Virginia),” tutur Estie.

Pada awal berdirinya Anggrek Catering, Estie mengaku sempat sulit dalam mendapat­kan pelanggan. “Awalnya rata-rata pelang­gan Anggrek Catering adalah pelanggan lama waktu saya buka usaha rumah makan,” jelas­nya. “Promosinya hanya dari mulut ke mulut, dulu hanya 1 atau 2 pesanan perbulan. Tapi sekarang dapat membuat sampai 3.500 paket tiap bulannya,” lanjut Estie.

Kemudian Estie mulai dengan memasu­kan kartu nama ke setiap paket yang ia buat. “Kan lumayan, kalau ada pesanan 500 paket berarti saya sudah promosi ke 500 orang,” kata Estie. “Lalu permintaan mulai banyak, saya ganti menggunakan stiker, tidak lagi menggunakan kartu nama. Ketika permin­taan sudah dapat dikatakan banyak, saya akhirnya membuat proper packaging. Agar terlihat bagus dan menarik,” pungkas wanita yang juga pendiri dan ketua Bogor Women’s Club ini.

Bila Anda ingin memesan konsumsi untuk acara-acara spesial, dapat datang ke Ciomas Permai Blok D7 no.23-24, atau lewat telepon di nomor 081398241660

============================================================
============================================================
============================================================