puncak-macet-18-kilometer-wakapolda-jabar-atur-lalin-q7uBOGOR, TODAY — Satuan Lalu Lint­as Polres Bogor bekerjasama dengan Ditlantas Polda Jabar, akan menutup jalur Puncak, Bogor pada malam perayaan tahun baru 2016 nanti.

Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Sugihardi men­gatakan, penutupan jalur menuju kawasan Puncak ini seperti tahun-tahun sebelumnya yakni dimu­lai sejak 31 Desember 2015 pukul 18:00 WIB hingga 1 Januari 2016.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Bogor bahwa jalur Puncak akan ditutup untuk kendaraan yang melintas ke arah puncak mulai pukul 18:00 WIB sampai besok paginya yang masih belum dipastikan karena bersifat situasional,” kata Sugihardi usai menggelar rapat koordinasi di Pos Pol Gadog, Megamendung, Kabu­paten Bogor, Minggu (20/12/15).

Sugiahardi menambah­kan, penu­tupan ini sendiri akan mempri­oritaskan kendaraan yang melaju dari arah Pun­cak menuju Ja­karta. Sedangkan untuk kendaraan yang mengarah ke Pun­cak dan sekitarnya nantinya akan dialihkan ke jalur lain.

“Pada saat penutupan, kendaraan yang akan men­garah ke Puncak, Cianjur mau­pun Bandung akan dialihkan ke jalur Sukabumi ataupun Jonggol,” tambahnya.

Hal ini diberlakukan guna mencegah penumpukan kend­araan di kawasan Puncak yang umumnya menjadi pusat destinasi ma­syarakat dalam merayakan malam per­gantian tahun.

17.000 Polisi Diturunkan

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Terus Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Kesiapsiagaan Bencana

Sementara itu, untuk mengamank­an perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, Kepolisian Daerah Jawa Barat akan menggelar Operasi Lilin 2015 den­gan menerjunkan sedikitnya 17.000 personel yang akan disebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

Sugihardi mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 2/3 personel yang ada untuk menggelar Operasi Lilin 2015. Khususnya di wilayah rawan ke­celakaan dan kejaharan di wilayah Jawa Barat. “Kami sudah menyiapkan 2/3 personel kami untuk mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru nanti,” katanya.

Sugihardi akan memperioritaskan titik rawan kecelakaan yang berada di wilayahnya terutama di jalur Tol Cipali. “Untuk saat ini titik rawan kecelakaan berada di jalur Tol Cipali. Untuk itu kami akan menggelar operasi pada siang dan malam harinya.

Kedepanya, pada siang hari di wilayah tersebut akan ada petugas yang menggunakan speed gun atau pen­gukur kecepetan agar bisa menindak pengemudi yang melaju di atas batas kecepatan yang ditentukan. Sedangkan untuk malam harinya akan menindak kendaraan umum yang melebihi kapa­sitas angkut terutama pada saat malam Natal dan perayaan Tahun Baru nanti.

“Umumnya kecelakaan di jalan tol disebabkan oleh pera pengemudi yang tidak menaati aturan yang ada seperti melibisi batas kecepatan serta melebihi daya angkut muatan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 24 April 2024

33.809 Gereja Dijaga

Terkait Natal, Mabes Polri men­erjunkan timsus untuk menjaga dan mengamankan 33.809 gereja yang ada di seluruh Indonesia dalam perayaan Natal tahun 2015 ini.

“Jumlah gereja yang kita jaga un­tuk tahun ini mencapai 33.809 gere­ja,” jelas Kepala Biro Penerangan Ma­syarakat Humas Mabes Polri, Brigjen (Pol) Agus Rianto di Jakarta, Minggu (20/12/2015).

Agus menjelaskan, dalam pelak­saan Operasi Lilin tahun ini, Polri akan menyiagakan sebanyak 80.197 personel di seluruh Indonesia. Polri pun akan dibantu aparat TNI dan instansi lainnya untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 ini.

“Personel lainnya akan di-backup TNI dan instansi terkait sebanyak 70.351 personel, jadi total kekuatan personel pengamanan dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru men­capai 150.548 personel,” ujar Agus.

Polri, lanjut Agus, berharap peran serta masyarakat untuk ikut menga­mankan perayaan Natal dan Tahun Baru, sehingga bisa berlangsung tertib, aman dan lancar. “Kalau ada informasi yang ki­ranya bisa tindak lanjut, mohon masyara­kat informasi ke petugas untuk dilakukan langkah dan pencegahan lebih lanjut,” pungkas Agus.

(Yuska Apitya Aji)

============================================================
============================================================
============================================================