IMG-20151203-WA0009Tim juri sayembara desain Situ Front City (SFC) tampaknya beker­ja ekstra cepat. Pada hari pertama setelah penutupan masa pendaftaran saja, mereka sudah bisa melakukan penilaian terhadap 27 karya yang masuk dan memenuhi syarat untuk dinilai.

Dari 65 kelompok yang sudah mendaf­tar dan menyatakan ikut sayembara, ternyata hanya 27 kelompok yang mengirimkan karya ke meja panitia lomba yang digawangi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

‘’Dari 27 karya yang kami terima, hanya 25 karya yang layak disertakan dalam proses penilaian,’’ ujar Dewan Juri Lomba Desain Situ Front City Dr Ernan Rustandi kepada Bogor Today melalui pesan singkat, Kamis (3/12/2015) malam. Lomba yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Bogor dalam rang­ka mencari desain yang pas untuk men­gubah wajah Cibinong Raya dari kam­pung besar menjadi kota metropolitan ini, sudah memasuki penilaian tahap kedua. Tim juri bekerja lebih cepat.

BACA JUGA :  PT Raden Real Lestari Bagikan Bingkisan Untuk Anggota JJB

Para dewan juri ini berasal dari IPB, IAI dan ITB. “Dari 27 karya yang masuk sampai hari terahir pendaft­aran, tanggal 3 Desember, dua karya tidak memenuhi persyaratan sesu­sai yang sudah ditentukan,” kata Ernan, pakar planologi dari IPB ini.

Lebih lanjut, Ernan men­gatakan, dari 27 karya tersebut, sudah didapatkan tiga besar yang akan diumumkan pada 7 Desember 2015 mendatang. “Kalau sekarang, saya tidak bisa membocorkan. Kan yang berhak mengumumkan panitia dong,” kata dia.

BACA JUGA :  Balkot Ramadan Fest 2024 Digelar 1-5 April, Ada Bazar Pangan Murah Hingga Penukaran Uang

Seharusnya penjurian tahap I dilakukan pada tanggal 5 Desem­ber. Namun rupanya panitia dan tim juri sepakat untuk mempercepat penilaian. Sesuai jadwal, dari hasil penjurian tahap I akan dilanjutkan dengan pengumuman tahap I yakni tanggal 7 Desember. Selanjutnya akan dilakukan penjurian tahap II pada tanggal 19 Desember dan disu­sul dengan pengumuman pemenang final pada tanggal 23 Desember 2015.

Sayembara membuat desain Situ Front City ini berhadiah total Rp 175 juta. Yakni juara I akan mendapat­kan Rp 100 juta, juara II Rp 50 juta, dan juara III mendapatkan Rp 25 juta.

(Risyad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================