Sop-Duren-Lodaya-BangbarungSop durian merupakan salah satu magnet wisata kuliner di Kota Bogor. Belakangan muncul banyak kedai sop durian. Namun, tahukan Anda bahwa Sop Durian Lodaya merupakan pelopor sop durian pertama di Kota Bogor.

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Pada musim liburan panjang ini, kedai Sop Duren Lodaya Jalan Bangbarung mendapat limpa­han pengunjung yang luar biasa ramai. Dari mulai buka pukul 9.00 pagi hingga tutup pukul 23.00, Sop Duren Lodaya Cabang Bangbarung selalu dipadati pengunjung.

Banyak pasangan muda-mudi dan ke­luarga yang mengisi liburan sambil menik­mati legitnya durian Medan di Sop Duren Lodaya. ‘’Jumlah pengunjungnya naik sekitar 75 persen dibandingkan hari bi­asa,’’ kata Supervisor Sop Duren Lodaya Jl Bangbarung Lutfi Wal Aman kepada Bogor Today, Selasa (29/12/2015)

Diberi nama Sop Duren Lodaya karena kali pertama buka di awal tahun 2013 di Jalan Lodaya Kota Bogor. Sampai sampai saat ini sudah memiliki 26 cabang yang tersebar di Indonesia seperti di Bogor, Depok, Jakarta, Bekasi, Bandung, Pekan­baru, Yogyakarta. Durian yang digunakan 100% asli durian Medan.

Siapa yang tidak kenal durian atau bi­asa juga disebut duren? Buah asli asal In­donesia yang kini menjadi buah yang ter­kenal di berbagai negara di Asia Tenggara. Dijuluki The King of Fruit, durian juga menjadi buah yang kontroversial karena aromanya yang menyengat sehingga ban­yak yang menjauhinya, tapi tak sedikit pula yang menjadi penggemar fanatik karena cita rasa unik yang disajikannya.

Sop Duren Lodaya adalah olahan buah durian yang dicampur dengan es lalu dipadukan dengan aneka topping. Toping-nya bermacam-macam, seperti roti, ketan, brownies, keju, dan oreo. Jenis toping inilah yang membentuk je­nis nama menu Sop Duren Lodaya. Yang unik adalah durian di Sop Duren Lodaya menggunakan duren asli Medan yang berkualitas tinggi.

Menurut Lutfi Wal Aman, dipilihnya durian Medan karena berbeda dengan durian-durian dari daerah lain. Dari sisi aromanya lebih harum, rasanya lebih ma­nis dan legit. Yang juga penting produksi durian di Medan masih berlimpah.

Untuk membuat Sop durian ini, daging buah durian yang sudah dipisahkan den­gan bijinya kemudian dihancurkan hingga berbentuk seperti saus. Saus ini lah yang menjadi bahan dasar pembuatan sop du­rian di Sop Duren Lodaya.

Sop durian spesial menjadi menu wa­jib penggemar durian sejati karena porsi duriannya yang lebih banyak dibanding pilihan menu lainnnya. Sop Durian Spesial Lodaya berisikan olahan daging durian yang telah dicampur dengan es batu, ke­mudian ditaburi keju di atasnya. Awalnya agak aneh melihat taburan keju di atas du­rian, tidak terbayang rasanya. Akan tetapi setelah mulai mencicipinya, paduan ini layak diacungi jempol.

Menu-menu di Sop Duren Lodaya san­gat beragam mulai dari sop duren kacang merah, Sop duren kacang ijo dengan ket­an, sop durian kacang ijo ditambah roti, sop duren lengkap, sop duren brownis ditambah strawberry, sop durian cendol, sop duren ketan hitam, sop duren anggur, sop duren oreo, sop duren regal dan sop duren spesial (favorit pengunjung). “Sop duren spesial merupakan menu yang jadi favorit pengunjung. Kisaran harga untuk sop duriannya sendiri yaitu Rp. 15.000 sampai Rp. 30.000.” ungkap Lutfi Wal Aman.

Tidak hanya menu sop durian saja, tetapi ada menu makanan dan menu minu­man. Menu makanan banyak pilihan dari mulai hidangan pembuka seperti kentang goreng, pempek lenjer, pempek kapal se­lam, batagor Bandung, siomay Bandung, pancake with durian sauce, pancake with cohcolate jam, roti bakar duren dan masih banyak lagi menu hidangan pembuka.

Selain itu makanan utama yang dise­diakan ada nasi goreng, mie goreng dan kwetiaw goreng. “Baru- baru ini ada menu baru di Sop Duren Lodaya yaitu nasi be­bek gurih, nasi goreng tambah gila dan nasi goreng cumi sekarang menjadi menu makanan favorit. Kisaran harga mulai Rp 23.000 sampai Rp. 30.000 kurang lebih,’’ kata Lutfi.

Untuk minumannya sendiri juga me­nyediakan menu jus duren, jus apel, jus strawberry, jus melon, green tea delight, choco delight, mocha blend, cappucino sen­sation, manggo smooth­ies, blackcurrant smooth­ies, kiwi smoothies, lychee yakult, hawaiian beach, blue ocean, sour green, lovely man­go, aple mango, kiwi stripe, long island, teh tarik, es teh tarik, ice strawberry tea, ice lychee tea, es teh manis, teh manis hangat dan pastinya air mineral juga tersedia. “Minuman favorit disini yaitu green tea delight. Kisaran harga untuk minuman mulai dari Rp. 5.000 sam­pai Rp 30.000,” ujar pria kelahiran Brebes ini.

Walau baru memulai usahanya ta­hun 2013, tapi berkat menu yang unik dan spesial, Sop Duren Lodaya berhasil memikat hati para pelanggannya. Tak heran, bermula dari kedai kecil di Jl Loda­ya Bogor, saat ini Sop Duren Lodaya telah membuka outletnya di lima tempat lain­nya di Kota Bogor yaitu di Jl Bangbarung, Jl Pahlawan, Jl Siliwangi, Jl Gunung Batu, dan yang terbaru di kawasan Gadog – Pun­cak. Juga sudah melebarkan sayapnya ke kota lain yaitu: Jakarta, Depok, Bekasi, bahkan sampai Jogjakarta. Jadi jika ten­gah berkunjung ke Kota Bogor, agendakan untuk mengunjungi Sop Duren Lodaya ini untuk menikmati sajian buah durian yang berbeda.

============================================================
============================================================
============================================================