Untitled-10BOGOR TODAY – Kodim 0606/Kota Bogor, dan pemerintahan serta kelompok tani (Poktan) melakukan tanam padi bersama di lahan per­sawahan, Kampung Cilubang Mekar, Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat, Kota Bogor. Ini dilaku­kan untuk meningkatkan swasembada pangan yang diperingati pada 7 Desember 2015.

Dandim 0606/Kota Bogor, Letkol Inf. Mukha­mad Albar mengatakan, dalam rangka peningka­tan swasembada pangan khusus di tahun anggaran 2016. Penanaman padi dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia tepat pada 7 Desember 2015, “Mudah-mudahan target swasembada pangan pada tahun 2016 bisa tercapai,” ungkapnya.

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

Albar juga menjelaskan, tugas TNI adalah melakukan pendampingan terhadap para pok­tan, mulai dari masa tanam padi, pemupukan, pemeliharaan dan panen. Ia menambahkan, ket­erlibatan TNI juga untuk mengawasi dan men­gawal pendistribusian pupuk dalam penjualan agar tepat sasaran.

Menurut Albar, untuk kendala poktan di la­pangan seperti kemarau yang berkepanjangan beberapa waktu lalu, unsur TNI juga diterjunkan untuk mengatasi air irigasi agar tetap mengalir ke lahan persawahan. “seperti masalah pasokan pupuk, TNI siap memberikan bantuan untuk mencari solusinya,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kota Bo­gor, Azrin Syamsudin mengatakan, peningkatan swasembada pangan sudah dilakukan sejak ta­hun lalu. Kebetulan kawasan Kota Bogor sudah memasuki musim penghujan sehingga keterse­dian air cukup. “Dari enam Poktan di Kota Bo­gor, Poktan Dalima yang memiliki lahan seluas 10 hektar terpilih untuk mengawali penanaman padi,” tandasnya.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Azrin juga menjelaskan, penanaman padi se­cara serempak ini nanti tepat jatuh antara Feb­ruari hingga Maret. “Kita bisa hasilkan produksi padi 7,6 ton/hektar tiga bulan sekali dengan jenis padi IP 300,” ungkapnya.

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================