Untitled-1Masalah emosional memang terkadang merupakan hal yang sulit untuk di kendalikan oleh sesorang. akan tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya di alam bawah sadar emosional tersebut bisa di kendalikan melalui alam bawah sadar manusia. Belum banyak orang yang tahu ternyata jika metode hypnosis dapat mengatasi emosional orang yang terlalu berlebihan.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Hypnosis sendiri biasanya seringkali dikaitkan dengan kejahatan, tetapi sebenarnya hypnosis dilakukan un­tuk memberikan motifasi kepada se­seorang, untuk menyadarkan orang tersebut melalui alam bawah sadarnya. “Hypnosis sendiri harus dilakukan untuk memberikan kes­adaran yang ada di dalam alam bawah sadarnya. Karena di dalam diri setiap orang memiliki sisi positif dan dengan hypnosis ini dapat membuka sisi positif dari seseorang yang tertutup di alam bawah sadarnya,” ungkap hypnoterapist, Bram Burmanajaya, SKM. M. Kep. CHt, CI, CNNLP.

Hypnosis, masih kata Bram, un­tuk terapi semacam itu biasa disebut dengan hypnoteraphy yaitu komuni­kasi dengan alam bawah sadar dengan memberikan sugesti ataupun motifasi positif dalam keadaan kondisi relaksasi. Cabang keilmuan psikologi ini pasien yang akan di hypnothrapi harus dalam keadaan dia ingin untuk di hypnosis, dan dalam keadaan dimana seseorang harus relaks dan santai, karena pada hakikatnya apa­bila pasien tidak dalam kondisi relaks maka sugesti yang di berikan tidak akan diserap oleh pasien. “Dalam hal hypnotherapy berfungsi untuk mengubah perilaku negatif pada seseorang dan mengubahnya menjadi perilaku positif,” tam­bah direktur lembaga pengembangan insani de mind ini.

Baca Juga :  Laki-laki Wajib Tahu! Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Jumlah Sperma

Bram melanjutkan, untuk berkomunikasi den­gan alam bawah sadar ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan mudah,,dengan sebuah pengu­langan maksudnya kata kata yang sering kita den­gar secara berulang itu akan terekam dalam alam bawah sadar dan menjadi sugesti bagi pendengar­nya. contohnya ketika kita menonton iklan yang berulang ulang kali secara tidak langsung kita akan terus mengingatnya walau kita dengan tidak sengaja melihat dan mendengarnya.

Dengan merubah alam sadar pasien akan di berikan sugesti yang positif dan menutup sifat negatifnya, “Pada dasarnya setiap orang memi­liki kepintaran, kecerdasan, dan seluruh sifat positif. biasanya karena faktor lingkungan sifat positif tersebut terjebak di alam bawah sadar dan sifat negatif terus berkembang akibatnya yang terbentuk hanyalah sifat negatifnya saja. Dengan sebuah metode hypnotherapy saya akan membuka sifat positif dari seseorang terse­but dan mengubah sifat negatifnya,” jelas pria yang berpraktek di Jalan Brigjen Saptaji Hadip­rawira, Cilendek Nomor 8, Kota Bogor.

Baca Juga :  Ini Lho! Cara Mendapatkan Kulit Glowing Bersinar Tanpa Mahal

Dalam hal hypnotherapy tidak ada rentan usia untuk mengikuti therapi ini, menurut Bram selama pasien dapat berkomunikasi secara verbal maka ia dapat di hynotherapi. hyp­notherapy sendiri sang therapis harus merontokan filtermental, setelah filtermental rontok disit­ulah sugesti positif kepada pasien diberikan, “Intinya dalam hyp­notherapy harus ada kemauan, untuk memberikan sugesti dan merontokan filtermental ada beberapa cara diantaranya dengan mengagetkan, ataupun dengan membuat terpesona. in­tinya setiap orang dapat mensu­gestikan dirinya masing masing selama ia ingin berubah dan bertekat sebenarnya dia sudah menghypnosisi dirinya sendi­ri,” pungkas Bram.