rohan-hafas1ROHAN Hafas, Corporate Secre­tary Bank Man­diri mengatakan, pendistribu­sian dana difokuskan pada wilayah Jakarta, Bogor, De­pok, Tangerang, dan Bekasi ( Jabodetabek). Alokasinya mencapai 60% dari total dana yang disiapkan. Di samping itu, wilayah-wilayah lain yang membutuhkan dana dalam jumlah besar antara lain, Surabaya, Bandung, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Pendistribusian dana akan dilakukan pada 18-31 Desem­ber 2015. Kecenderungan, pada rentang waktu tersebut, transaksi masyarakat diperki­rakan akan meningkat untuk pemenuhan kebutuhan per­ayaan Natal dan tahun baru 2016.

Kecukupan pasokan uang untuk mengisi ATM dipasti­kan aman, di samping juga ketersediaan infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah agar dapat tetap terjaga.

“Mengantisipasi peningka­tan kebutuhan dana nasabah, kami juga menyiapkan paso­kan dana sebesar Rp1,6 triliun per hari untuk mengisi mesin ATM sejak satu pekan sebe­lum Hari Natal. Jumlah terse­but naik sekitar 6,76% dari rata-rata harian pasokan dana ATM pada tahun lalu,” jelas Rohan dalam siaran pers ter­tulisnya, Minggu (20/12/2015)

Bank Mandiri telah mener­apkan sistem Cash Manage­ment dan sistem monitoring operasional seluruh ATM un­tuk memastikan ketersediaan uang dalam ATM. Dengan menerapkan sistem tersebut, kenaikan kebutuhan kas ATM maupun permasalahan ATM akibat perubahan pola belan­ja nasabah dapat diminimali­sir dan ditangani secepatnya.

“Kami berupaya memasti­kan Mandiri ATM akan selalu siap digunakan dengan dukungan teknisi handal untuk memonitor­ing kinerja ATM se­lama 24 j a m,” ujar Rohan.

Saat ini nasabah Bank Man­diri dapat melakukan transak­si melalui 17.324 ATM Mandiri yang tersambung dalam jarin­gan ATM Link ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Selain ATM, Bank Mandiri juga menyediakan layanan 24 jam lainnya, yaitu Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Internet banking dan Man­diri Call atau Phone Bank­ing. Mandiri Call 14000 melayani nasabah 7×24 jam sepanjang tahun termasuk pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2016.

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang me­mungkinkan nasabah ber­transaksi den­gan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, tran­saksi pem­bayaran lis­trik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangga­nan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa.

Rohan menam­bahkan, seluruh jaringan 2.438 kantor cabang Bank Mandiri akan tetap beroperasi nor­mal pada hari kerja hingga akhir tahun 2015, kecu­ali pada libur

natal dan tahun baru. Ada­pun pada cuti bersama 24 Desember 2015 serta hari libur akhir pekan (26/12, 2/1 dan 3/1), sebanyak 251 kantor cabang akan beroperasi secara bergiliran untuk memberi­kan layanan per­bankan terbatas dan menerima pembayaran delivery

order SPBU-SPBU Per­tamina.

(dtc)