Untitled-12YOKOHAMA, Today – Barcelona menggulung River Plate 3-0 di Final Piala Dunia Antarklub, Minggu (20/12/2015). Dua gol Luis Suarez mengantarkanBlaugrana menjadi kampi­un dan melengkapi torehan treble winners musim lalu.

Bertanding di Stadion Internasional Yoko­hama, Yokohama, Jepang, Barcelona tampil dengan kekuatan terbaik. Lionel Messi dan Neymar yang sebelumnya diragukan tampil di final, justru bermain sejak awal. Messi pun membukukan satu gol dalam laga ini.

Sementara dua gol Suarez membuat total torehan golnya di Piala Dunia Antarklub ini menjadi lima. Sementara, satu gol Barca lain­nya diciptakan oleh Messi.

Barcelona tampil mendominasi sejak ba­bak pertama. Kendati berhasil menguasai bola, mereka kesulitan untuk menyusun se­rangan di final third. River sukses memenuhi ruang di antara lini belakang dan lini tengah mereka, membuat Barca kesulitan untuk melepaskan operan.­

Gol pertama Barca sendiri diawali oleh sebuah umpan silang, yang dilepaskan oleh Dani Alves dari sisi kanan.

Pada menit ke-36, Alves melepaskan crossing langsung ke dalam kotak penalti. Umpan tersebut langsung dibelokkan Ney­mar ke arah Messi yang berdiri tepat di de­pan gawang. Setelah menahan bola sejenak, Messi pun langsung melepaskan sepakan keras. 1-0 untuk Barca.

Menjelang babak pertama berakhir, Su­arez sempat mendapatkan kans. Tetapi, sepakannya dari dalam kotak penalti masih menyamping.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-49, Suarez menggandakan keunggulan Barca menjadi 2-0.

Gol bermula dari umpan panjang Sergio Busquets dari tengah. Umpan tersebut gagal diantisipasi oleh barisan pertahanan River yang naik tinggi. Suarez, yang berada di sisi kanan, langsung berlari mengejar umpan tersebut dan menyelesaikan peluang ini den­gan sepakan kaki kanan.

Unggul 2-0, Barca tidak mengendurkan tekanan. Messi dan Suarez masih sempat mendapatkan beberapa peluang. Namun, kans-kans yang mereka dapatkan masih be­lum membuahkan hasil.

Baru pada menit ke-68, Suarez bisa mencetak gol lagi. Kali ini, umpan silang dari Neymar disambutnya dengan sundulan. Barca pun unggul 3-0 dan skor tersebut ber­tahan hingga akhir.

Bagi Barca, kesuksesan meraih trofi Piala Dunia Antarklub ini melengkapi raihan tre­ble di musim lalu.

Susunan Pemain

River Plate: Barovero, Mercado, Maid­ana, Balanta, Vangioni, Kranevittter, Ponzio (Lucho Gonzalez 45), Sanchez, Viudez (Dri­ussi 56), Mora (Martinez 45), Alario.

Barcelona: Bravo, Alves, Pique, Mascher­ano (Vermaelen 80), Alba, Busquets, Rakitic (Sergi Roberto 67), Iniesta, Messi, Suarez, Neymar (Mathieu 89).

(Rishad/Detik)