4.-carissa-moore-kalahkan.1HAWAI, Today - Peselancar asal Hawaii, Ca­rissa Moore, untuk kali ketiga menjadi juara dunia selancar, setelah musuh terberatnya dalam perebutan gelar ini, Courtney Con­logue, tergulung ombak di ajang terakhir musim ini di Pantai Honolua di Maui.

Conlogue kalah di putaran keempat dari kompatriot Moore, Coco Ho, sehingga lang­kah Moore untuk menggondol gelar juara du­nia tidak terbendung.

Di final, Moore mengalahkan peselancar Australia Sally Fitzgibbons dengan skor 19,5 berbanding 17,9.

“Saya sangat bersyukur, ini sangat meny­enangkan,” kata Moore soal penampilannya di final. “Ini mungkin ombak dengan gulun­gan paling sempurna yang pernah saya dapat­kan dalam suatu kompetisi. Ini sangat keren.”

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Penampilan Moore di partai final itu demikian sempurna sehingga dua usaha ter­baiknya mendapatkan nilai 10 dan 9,5 dari juri. Tapi dengan rendah hati ia mengatakan bahwa dirinya mendapatkan keberuntungan.

“Saya harus memberikan banyak pujian kepada ombak, inilah yang membuat usaha saya sangat mudah. Saya hanya tinggal berdiri saja,” katanya.

Langkah Moore merebut ge­lar juara dunia dimulai di awal tahun dengan memenangi tiga kejuaraan pembuka musim di Snapper Rocks, Queensland, dan Bells Beach, Victoria

Kemenangan di seri penu­tup musim ini membuatnya men­goleksi total 66.200 poin pada 2015 sehingga ia nyaman di pucuk klasemen.

BACA JUGA :  Jonatan Christie Juara Badminton Asia Championship 2024

Gelar juara dunia ini adalah yang ke­tiga untuk Moore setelah pernah menang pada 2011 dan 2013. Atlet berusia 23 tahun ini juga mengukuhkan dominasinya, serta peselancar Australia, Stephanie Gilmore, di dunia selancar.

Sejak 2007 lalu, gelar juara dunia me­mang selalu dimenangi secara bergiliran oleh keduanya.

Dominasi membuat Moore men­goleksi uang hadiah lebih dari US$ satu juta (Rp13,8 miliar) sepanjang kariernya dan juga duduk di pering­kat tujuh daftar peselancar perem­puan dengan kemenangan ter­banyak. Moore telah mengoleksi total 19 ke­menangan.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================