hrv2SUV (Sport Utility Vehicle) menjadi salah satu segmen yang paling ketat persaingannya. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sejak Januari hingga Oktober lalu, wholesale SUV mencapai 109.194 unit. Tentu, angka sebesar itu sudah termasuk wholesale untuk low SUV, misalnya Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Bahkan, segmen ini memiliki kontribusi paling besar terhadap penjualan mobil jenis SUV.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Deretan SUV Terlaris di Indonesia

Kendaraan roda empat berpenampilan gagah dan kokoh yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan mobil SUV (Sport Utility Vehicle), mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Penampilannya memiliki karakter lelaki Macho dengan ukuran tubuh yang besar dan ground clearence tinggi mengisyaratkan dirinya mampu menerjang medan yang paling berat sekalipun. Nah, saat ini perkembangan mobil SUV yang dipasarkan di tanah air sangat pesat sekali, kehadiran model-model baru dari pabrikan mobil asal Jepang, Amerika, Eropa maupun Korea begitu banyak memberikan pilihan kepada konsumen.

Lalu, mobil apa saja yang paling laris? lima model teratas bila dilihat dari data wholesale adalah sebagai berikut :

Honda CR-V

Honda CR-V telah memasuki generasi keempat, sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996. Sebuah bukti bahwa mobil ini tergolong produk yang laris di pasaran.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner mulai dipasarkan sejak 2005 sampai sekarang. Awalnya, mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor secara utuh, sampai pada 2007 mobil ini mulai dirakit dalam bentuk terurai (CKD) oleh pabrik Toyota di Karawang.

Sampai Oktober 2015, Fortuner terjual sebanyak 9.570 unit. Mobil ini pernah mencatatkan penjualan sebanyak 1.329 unit di bulan Juni, dan hanya 702 unit pada Maret lalu.

Daihatsu Terios

============================================================
============================================================
============================================================