TEXAS TODAY – Badai Tornado menghantam kawasan utara Texas, Amerika Serikat. Akibatnya, delapan orang dilaporkan tewas akibat kejadi­an ini. Sebagian wilayah Texas pun jadi gelap gulita. Dilaporkan AFP, peristiwa terjadi sekitar pukul 18.45, Sabtu (26/12) waktu setempat di wilayah Garland, Texas. Lima orang tewas dalam peristiwa pertama.

“Lima orang tewas sudah bisa dikonfirmasi. Kerusakan juga di­laporkan terjadi pada rumah, apartemen dan kendaraan di area yang sama,” demikian pernyataan resmi pemerintah kota Garland.

Mereka yang tewas diduga kare­na terjepit kendaraan yang disapu oleh tornado. Selain korban tewas, ada juga beberapa orang terluka akibat kejadian ini.

Dallas Morning News melapork­an, tornado tersebut juga membuat kabel listrik terputus dan meng­ganggu penerangan. Sedikitnya, 50 ribu orang terpaksa tidur dalam gelap akibat peristwa tersebut.

Selain lima orang tadi, ada juga tiga warga yang dilaporkan tewas di Collin Country. Namun tidak dise­butkan apa penyebabnya dan iden­titas mereka.

Sebelum ada tornado, AS juga dilanda banjir besar dan badai. Ke­jadian ini membuat 17 orang tewas, terutama mereka yang tinggal di daerah Mississippi, Tennessee dan Arkansas.

Peristiwa bencana ini membuat tertundanya penerbangan dan ban­jir di jalanan. Liburan natal dan Ta­hun Baru warga pun terganggu.

Sejak sepekan terakhir, Tornado menghantam 6 negara bagian se­latan Amerika Serikat (AS) menye­babkan setidaknya 14 orang tewas dan ratusan rumah rusak. Tim evakuasi telah bergerak. Pengumu­man darurat dilakukan Mississippi dan Tennessee, 2 negara yang men­galami kerusakan terparah karena badai yang terjadi pada Rabu, 23 Desember 2015 itu.

Gubernur Mississippi, Phil Bry­ant menyatakan bahwa wilayahnya sudah berada dalam status darurat. “Saat ini sudah banyak pihak yang berkumpul di sini sebagai respon atas bencana ini,” katanya dalam suatu pernyataan seperti yang di­kutip Reuters, Kamis, 24 Desember 2015 waktu setempat.

Bencana itu terjadi dI tengah masa liburan akhir tahun saat ham­pir 100 juta warga AS diperkirakan sedang melakukan perjalanan kelu­ar kota dengan mobil. Badan Cuaca Nasional Amerika mengatakan ba­dai utama Rabu lalu terjadi karena sirkulasi angin dari wilayah tengah Atlantik. “Badai besar itu memicu tornado di sejumlah negara bagian AS seperti Arkansas, Indiana, Mis­sissippi, Tennessee, dan Michigan,” kata anggota otoritas Mississippi ter­kait Badan Cuaca Nasional tersebut.

Dia mengatakan salah satu torna­do besar menyapu habis Mississippi dan bergerak sejauh 160 km dari utara, merusak ratusan rumah dan bangunan besar sebelum berlanjut ke wilayah Tennessee Barat. Dijelas­kan juga bahwa mereka belum men­getahui sampai kapan posko bantuan yang mereka dirikan bisa menam­pung seluruh korban evakuasi.

Dari data yang didapat otoritas Mississipi, sedikitnya 40 orang yang luka-luka akibat badai tersebut dan seorang anak berumur 7 tahun yang tewas. Sementara di Tennessee, se­banyak 7 orang ditemukan tewas, salah satunya adalah seorang gadis berumur 18 tahun yang tewas tert­impa pohon tumbang.

Tim evakuasi Mississipi, Ten­nessee, dan Alabama kini sedang mengerahkan tenaga mereka menc­ari sejumlah korban hilang di antara reruntuhan rumah dan bangunan yang terkena dampak badai itu.

(Yuska Apitya/net)

============================================================
============================================================
============================================================