kobe-bryant-master-p-lamar-odomPEBASKET Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, memutuskan untuk pensiun di akhir musim ini.

IMAM BACHTIAR
[email protected]

Pemain yang telah memperkuat Lakers sejak 1996 tersebut men­uliskan pernyataan rencana pen­siunnya tersebut pada sebuah tu­lisan berjudul “Dear Basketball”.

Dalam tulisannya ia menyebutkan olahraga bola basket telah mewujudkan mimpinya. Ia juga menuliskan musim ini ia telah memberikan segalanya untuk Lakers.

Meski pikirannya sulit melupakan, se­cara fisik dirinya tahu ini saatnya untuk meninggalkan olahraga yang telah mem­besarkan namanya tersebut.

“Musim ini adalah semua yang tersisa untuk aku berikan. Hatiku berdebar masih bisa melakukannya. Pikiranku masih bisa menanganinya, tetapi tubuhku tahu su­dah waktunya untuk mengucapkan sela­mat tinggal. Dan itu berarti OK. Saya siap untuk membiarkan Anda pergi,” tulis Bryant sebagaimana dilansir ESPN, Senin (30/11/2015).

Sejak musim lalu, faktor usia mem­buat Bryant dihajar cedera bertubi-tubi. Maka keputusan pensiunnya saat ini bu­kanlah hal yang mengejutkan.

Musim ini, Bryant sudah bermain 12 kali dan jadi top skor sementara Lakers dengan torehan 15,7 poin per game.

Namun Bryant yang tak segarang dulu gagal mengangkat performa tim yang kini masih terbenam di posisi buncit klasemen NBA Wilayah Barat.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Resmi Protes ke AFC Soal Kepemimpinan Wasit Nasrullo Kabirov

“Dan tidak apa-apa. Aku sudah siap untuk melepaskanmu (basket,red).” De­mikian diwartakan.

Keputusan ini bukanlah hal yang mengejutkan. Selain kontrak yang akan habis, Kobe tidaklah sebugar dulu. Pebas­ket berusia 37 tahun itu terus-terusan mengalami cedera di dalam lima musim terakhir.

Dalam beberapa pekan terakhir pun, Kobe sudah berkali-kali mengatakan, dia mempertimbangkan untuk mengakhiri kariernya setelah musim ini rampung.

Shooting guard berpostur 1,98 m itu memulai debutnya di musim 1996-97. Setelah dua dekade berkarier, Kobe telah meraih lima cincin juara NBA, dua me­dali emas Olimpiade, masuk dalam tim All-Star 17 kali, MVP 2008, dan menjadi pencetak angka terbanyak ketiga dalam sejarah kompetisi di belakang Kareem Abdul-Jabbar dan Karl Malone.

Komisioner NBA Buka Suara

Pebasket legendaris Los Angeles Lak­ers, Kobe Bryant, telah memutuskan pensi­un di akhir musim ini. Hal itu mengundang komentar dari Komisioner NBA, Adam Sil­ver. Ia menyebut Bryant adalah salah satu pebasket terbaik dalam sejarah NBA.

Jika melihat pencapaian pebasket berusia 37 tahun tersebut, tak salah jika Silver menyebut demikian. Sejak 1996 membela Lakers, Bryant telah mem­persembahkan lima cincin juara (2000, 2001, 2002, 2009, 2010) untuk tim yang bermarkas di Staples Center tersebut.

BACA JUGA :  Justin Hubner Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Selain itu, catatan rekor pribadinya juga tak kalah mentereng. Pebasket berjuluk The Black Mamba 17 kali mas­uk ke skuad All Star NBA. Ia juga dua kali menggondol gelar Most Valuable Player (MVP) NBA yakni pada 2009 dan 2010.

“Ia 17 kali terpilih dalam NBA All Star, MVP NBA, lima gelar juara NBA bersama Lak­ers, dua medali emas Olimpiade dan kerja keras yang luar biasa. Kobe Bryant adalah salah satu pe­main terbaik dalam sejarah olah­raga kami,” ujar Silver mengutip ESPN, Senin (30/11/2015).

“Apakah dia akan tampil di babak final atau melakukan jump shot di pusat kebugaran di tengah malam, Kobe sangat mencintai olahraga ini. Saya bersama seluruh fans di du­nia mengucapkan selamat ke­padanya atas karier NBA yang luar biasa dan kenangan yang ia berikan selama ini,” tun­tasnya.

(/net)

============================================================
============================================================
============================================================