20151229_135401Salah satu keterampilan orang Garut adalah me­mangkas rambut. Itu sebab­nya, hampir di semua kota di Indonesia akan dijumpai tempat pangkas rambut yang dikelola oleh orang Garut. Termasuk di Kota Bogor terdapat banyak tempat pang­kas rambut Asgar (Asli Garut).

Pangkas Rambut Setia di Jalan Bangbarung, merupakan salah satu pangkas rambut Asgar yang cukup terkenal dan memiliki pelanggan dari kalangan pejabat dan pengusaha. ‘’Pak Diani Budiarto, mantan Walikota Bogor merupakan salah satu pelang­gan di sini,’’ kata Aman, salah satu pemangkas rambut di Pangkas Ram­but Setia, kepada Bogor Today, Selasa (29/12/2015)

Tempat pangkas rambut tradision­al yang satu ini hampir setiap hari ra­mai pengunjung. Ini karena lokasinya yang sangat strategis yaitu dekat den­gan komplek perumahan elite Vila Indah Pajajaran dan Perumahan Ban­tarjati Kota Bogor. Selain itu, Pangkas Rambut Setia juga memiliki standar pelayanannya yang sangat baik.

Meski pangkas rambut tradisional, Pangkas Rambut Setia dilengkapi den­gan ruang pendingin dan ruang tung­gu yang memadai. Menurut Aman, Pangkas Rambut Setia sudah berdiri sejak tahun 1998 atau 17 tahun silam. ‘’Ya pas Pak Harto jatuh itu, pangkas rambut ini mulai buka,’’ jelasnya.

Yang menarik, Pangkas Rambut Setia ini bisa dimiliki secara bergan­tian oleh orang Asgar yang bekerja di situ. Tahun ini, Pangkas Rambut Setia dimiliki oleh Marwan. ‘’Karena Mar­wan yang membayar biaya kontrak tempat,’’ ujar Aman.

Marwan membayar uang sewa tempat sebesar Rp 39 juta untuk masa satu tahun. Sementara, enam orang pemangkas rambut yang bekerja di situ, merupakan pegawai bagi hasil. Tarif potong rambut di Setia adalah Rp 20.000 perkepala. ‘’Hasilnya dibagi dua, Rp 10.000 untuk pemangkas Rp 10.000 untuk Marwan sebagai pemilik usaha,’’ ujar Aman. Marwan sendiri memiliki kursi dan jika se­dang berada di Bogor bekerja seb­agai pemangkas rambut.

Berapa pendapatan tem­pat Pangkas Rambut Setia? Menurut Aman, setiap pe­mangkas bisa melayani 10- 15 orang pelanggan setiap hari. Ini berarti setiap hari ada 70-85 orang memang­kas rambut di tempat Pan­gkas Rambut Setia. ‘’Ya seki­tar Rp 1,4 juta-Rp 1,7 juta setiap harinya,’’ ujar Aman.

Jam operasi Pangkas Rambut Setia mulai jam 8.00 hingga jam 23.00 setiap hari. ‘’Pada hari libur juga kita tetap buka. Malah pelang­gannya lebih banyak,’’ pung­kas Aman.

(Hesti Amalia)

============================================================
============================================================
============================================================