Kadinkes---Rubaeah-(1)Seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih, mempunyai pengaruh yang besar pada perkembangan anak-anak zaman sekarang, terutama gadget. Anak-anak saat ini menjadi ketergantungan dengan gadget yang ada. Tak pelak kondisi ini juga sempat membuat geram Ibu Walikota Bogor, Yane Ardian, yang merasa prihatin dengan mental anak-anak yang cenderung lebih fokus kepada gadget.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kepala Dinas Kese­hatan (Dinkes) Kota Bogor, Rubaeah, mengatakan, peng­gunaan gadget pada usia dini sangat berpengaruh terhadap fisik dan juga men­tal kepada anak. Konsumtifnya penggunaan gadget dikalangan anak-anak, tidak seimbang den­gan pendampingan dari orang tua. “Sampai sekarang banyak orang tua yang belum tahu dam­pak baik dan buruknya dari gad­get tersebut,” kata dia.

BACA JUGA :  Minum Teh Bisa Merusak Ginjal, Benarkah? Ini Kata Dokter

Menurut Rubeah, pembe­rian gadget kepada anak dapat berpengaruh terhadap perkem­bangan anak itu sendiri. Ia me­nambahkan, pengaruh gadget sangat variatif mulai dari meru­sak perilaku, kesehatan mata, telinga serta jantung bahkan sampai berakibat obesitas. “Saya himbau kepada para orang tua agar selalu mendampingi anaknya yang berusia dibawah lima tahun,” ungkapnya.

Dokter Spesialis Anak di RSUD Kota Bogor, Agung Indra, menilai peran guru di seko­lah juga harus digalakkan, se­bab banyak juga tugas sekolah yang mengharuskan anak-anak menggunakan riset dari inter­net. “Teknologi memang tidak bisa dihindarkan, tapi guru juga harus berperan. Gunakan per­pustakaan yang ada. Jangan han­ya mengandalkan gadget atau internet, untuk mendapatkan sebuah informasi,” paparnya.

Sementara itu, Yane Adrian menghimbau kepada seluruh para orangtua agar mencegah dampak negatif gadget, atau peralatan teknologi pada anak dengan mengatur pola penggu­naan dan menggantinya dengan permainan yang lebih memacu keterampilan dan kreativitas.

BACA JUGA :  Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

“Penggunaan gadget terlalu sering akan berpengaruh pada emosional anak yang cenderung kurang kreatif dan kurang pedu­li dengan lingkungan sekitar,” katanya.

Ia mengatakan, mengatur pola penggunaan gadget dan menggantikannya dengan per­mainan yang lebih memacu keterampilan dan kreativitas menjadi salah satu upaya untuk menekan dampak negatif gadget pada anak.

Menurut Yane, pengaruh negatif gadget pada anak mem­buat anak cenderung lebih asik dengan duniannya sendiri di banding melakukan kegiatan positif yang menghasilkan se­buah produk kreatif. (*)

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR

  1. Artikel yang sangat membantu, terutama bagi para orang tua yang sering memberikan gadget pada anak anak, mudah2an dengan semakin bertambahnya wawasan bisa membuat kita semakin bijak dalam menggunakan perangkat telekomunikasi digital kita.