Untitled-17JAKARTA, TODAY — Mar­kas Besar (Mabes) Polri me­nyatakan setiap markas kepoli­sian di daerah dan kota wajib patroli 24 jam untuk menjamin keamanan masyarakat jelang Natal dan tahun baru 2016.

“Cara bertindak yang di­lakukan adalah dengan patroli skala kecil dan skala besar,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Su­harsono, di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Tanpa merinci, dia men­gatakan patroli skala kecil bisa terdiri atas satu “Kijang” dan beberapa sepeda motor. Se­mentara patroli skala besar bisa melibatkan beberapa fung­si dan satuan yang ada di Polri.

Jelang pergantian tahun ini, polisi juga menggelar Op­erasi Lilin yang mengerahkan sekitar 80 ribu personel Polri dan 70 ribu TNI. Dalam patroli 24 jam tersebut, tidak hanya personil itu saja yang diandalkan. “Selain yang 80 ribu itu, kan yang rutin tetap berja­lan. Jadi kami pastikan semua aman,” kata Suharsono.

70 Gereja di Kota Bogor

Sementara itu, Polres Bogor Kota mendirikan enam pos pengamanan (pospam). Pos tersebut berada di enam kecamatan yang berada di wilayah hu­kum Kota Bogor.

Kapolres Bogor Kota AKBP Andi Herindra mengatakan, sekitar 1.500 personel gabungan disiagakan pada perayaan Natal tahun ini. Mereka di­tempatkan di 70 gereja di Kota Bogor. “Setiap gereja akan dijaga personel lengkap dan berpakaian preman. Di setiap kecamatan disediakan satu po­spam untuk penjagaan,” kata Andi saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Oper­asi Lilin Lodaya 2015 di Aula Prajagupta Korwil Bogor, Selasa (23/12/2015)

BACA JUGA :  Sinergi Jaga Ketahanan Pangan, Sekda Kabupaten Bogor Hadiri Rakor Bersama Sekda Se-Jawa Barat 

Selain pengamanan Natal, ribuan personel juga disiagakan menyambut pergantian tahun. Mereka akan di­tempatkan di pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, objek wisata, dan tempat rawan gangguan lainnya. ”Kota Bogor harus kondusif. Kami ingin se­luruh masyarakat aman dan nyaman merayakan Natal dan melewati pergan­tian tahun,” harap mantan Kapolres Kepulauan Seribu ini.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendapat bantuan satu SSK perso­nel Brimob dan pasukan penjinak ba­han peledak (Jihandak) dari Polda Jawa Barat. Nantinya personel itu akan menyisir setiap gereja sebelum Natal. “Ada beberapa objek vital khusus yang mendapat penjagaan tambahan, sep­erti lingkungan Istana Bogor dan gereja di sekelilingnya,” tandasnya.

Terpisah, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kabupaten, juga menerjunkan 250 personel untuk mengamankan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak, pada libur Hari Raya Natal 2015. “Pen­guatan personel tetap seperti penga­manan akhir pekan, yakni 250 person­el kita turunkan untuk pengaturan arus dan pengamanan,” kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji, Se­lasa (23/12/2015).

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gaungkan Program Ekonomi Hijau untuk Peringati Hari Otda ke-XXVIII

Menjelang libur Natal, arus lalu lin­tas di Jalan Raya Puncak sudah mulai padat, sejak sepekan terakhir. Antrean arus lalu lintas kendaraan menuju tem­pat-tempat wisata mulai nampak.

Diprediksikan kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak akan ter­jadi pada libur Hari Raya Natal yang bersamaan dengan libur sekolah. “Karena pengamanan Hari Raya Natal masuk dalam Operasi Lilin Lodaya, ada penambahan personel dari Sabhara, Polsek dan juga Brimob,” ujar Bramas­tyo.

Kawasan Puncak masih menjadi destinasi wisata yang diserbu masyara­kat khususnya di wilayah Jabodetabek. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, juga terdapat banyak resor, hotel dan restoran yang meman­jakan para pengunjungnya.

Untuk terhindar dari kemacetan akibat padatnya arus kendaraan, war­ga diminta untuk bisa bergerak sebe­lum buka tutup diberlakukan. Atau sedini mungkin naik ke Puncak dan tu­run secepat mungkin. “Kami mengim­bau masyarakat yang ingin berlibur ke Puncak untuk berhati-hati dan siaga keselamatan. Jaga kecepatan, dan per­hatian rambu-rambu yang ada,” kata Bramastyo.

(Rishad Noviansyah|Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================