kakianSederet musisi dunia masuk dalam daftar mu­sisi terkaya versi majalah Forbes. Penyanyi Katy Perry pun berada di posisi puncak. Kemudian, ada nama One Direction yang memiliki kekayaan sekitar 130 juta dol­lar atau sekitar 1,8 triliun.

(Yuska Apitya Aji)

KATY disebut mempunyai ke­kayaan mencapai USD 135 juta atau sekitar Rp 1,9 trilun. Angka tersebut muncul melihat keun­tungan dari tur dunia dari Katy. Sepanjang 17 bulan, Katy memang banting tulang menggelar tur du­nia. Setidaknya dari 150 show sukses digelar Katy. Termasuk konsernya di Indonesia pada 9 Mei lalu. Belum lagi beberapa pendapatan Katy lainnya dari keg­iatannya di luar musik.

Padahal, Katy cuma duduk di posisi ke-29 musisi terkaya tahun lalu. Tapi semua keuntun­gan itu pun sukses mengubah posisi pelantun ‘Roar’ itu. Katy sukses mengungguli beberapa nama penyanyi wanita lainnya. Seperti Taylor Swift, Lady Gaga hingga Beyonce.

Katy sendiri mengaku tak percaya bisa men­dapatkan predikat tersebut. Ia berterima kasih kepada penggemarnya yang selama ini sudah rela mengeluarkan uang untuk menyaksikan konsernya. “Saya sangat bangga bisa menda­patkan prediksi itu. Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung saya hingga bisa sep­erti ini,” ucapnya kepada Forbes yang dikutip Billboard Kamis.

Katy Perry memang musisi yang selalu men­coba untuk menjadi musisi yang terus produktif menghasilkan karya. Tak mau lebih lama lagi, Katy Perry segera meluncurkan album terbaru tahun depan.

Dilansir dari Aceshowbiz, manajer Katy Perry mengungkap rencana besar itu. “Dia me­rencanakan untuk merilis album barunya pada 2016,” tutur sang manajer, Steven Jensen.

Tentang materi albumnya, si pelantun ‘Dark Horse’ itu memberikan bocoran. Katy Perry ingin album yang menjadi koleksi ke-5 sangat menggambarkan dirinya. “Penting bagi saya un­tuk mungkin kembali menemukan diri saya lagi. Karena saya tak bisa lebih lama lagi hanya untuk terus menjadi sesuatu yang berbeda,” ujar Katy.

Album terbaru Katy Perry ‘Prism’ yang dirilis di Amerika Serikat pada 2013 lalu ternyata juga membawa dampak banyak. Salah satunya, al­bum tersebut berhasil menyabet penghargaan Double Platinum dari representasi labelnya di Indonesia, Universal Music Indonesia.

‘Prism’ berhasil meraih penghargaan terse­but atas hasil penjualan di Indonesia. Album ‘Prism’ yang masuk ke Indonesia tahun lalu laku terjual 20 ribu kopi secara fisik dan digital. Angka tersebut diperkirakan masih terus bertambah dengan banyaknya KatyCats–sebutan pengge­mar Katy Perry–yang tersebar di seluruh dunia.

‘Prismatic World Tour’ sukses memuaskan ribuan penonton dengan suguhan audio dan visual mumpuni. Sekitar 20 lagu dinyanyikan dengan berbagai konsep kostum seksi dan tak biasa, serta teatrikal mengagumkan.

Katy lahir 25 Oktober 1984 dengan nama kecil, Katheryn Elizabeth Hudson. Ia sudah lama dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, aktris, penari dan model Amerika Serikat. Ia lahir dan dibesarkan di Santa Barbara, California oleh or­angtuanya yang merupakan pendeta Kristen.

Sejak kecil, Perry hanya diperbolehkan mendengarkan musik gospel dan sering men­yanyi di gereja setempat. Dia merilis album rohani yang sama seperti namanya pada ta­hun 2001 sebagai Katy Hudson, namun kurang sukses. Dia kemudian merekam album dengan tim produksi The Matrix dan menyelesaikan se­bagian besar album solo 2004-2005, yang kedu­anya tidak satu pun dirilis.

Setelah menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group pada tahun 2007, dia men­gadopsi nama panggung Katy Perry dan pada bulan November Perry merilis singel pertaman­ya di internet, “Ur So Gay” yang cukup menda­patkan perhatian publik namun gagal memas­uki tangga lagu. Katy menjadi terkenal dengan merilis singel keduanya, “I Kissed a Girl” pada tahun 2008, yang menduduki puncak tangga lagu internasional. Pada tahun yang sama, al­bum pertama Perry One of the Boys menjadi album terlaris ke-33 di seluruh dunia pada ta­hun 2008,memulai debutnya diperingkat 9 dan terjual 49.000 kopi diminggu pertama.

Perry mendapatkan sertifikasi Platinum dari Recording Industry Association of America, se­mentara “I Kissed a Girl” dan singel keduanya, “Hot n Cold” menerima sertifikasi multi-plati­num. Perry kemudian merilis “Thinking of You” dan “Waking Up in Vegas” pada tahun 2009. Perry kemudian menggelar tur perdananya Hello Katy Tour untuk mempromosikan album.

Pada tahun keduanya, album Teenage Dream dirilis pada bulan Agustus 2010 dan me­mulai debutnya di nomor satu Billboard 200, ter­jual 192.000 kopi di minggu pertama. Album ini memasukkan hit singel “California Gurls”, “Teen­age Dream”, “Firework”, “E.T.” dan “Last Friday Night (T.G.I.F.)”, yang semuanya telah mendudu­ki puncak tangga lagu di Billboard Hot 100, dan menjadikan perry penyanyi pertama oleh wanita yang mempunyai 5 lagu #1 dalam 1 album. Den­gan “E.T.” yang bertengger di nomor satu tangga lagu pada 12 Mei 2011, Perry menjadi artis per­tama dalam sejarah yang melewatkan satu ta­hun penuh, selama 52 minggu berturut-turut di 10 besar Billboard Hot 100.[3] Perry kemudian menggelar tur dunia untuk kedua kalinya Cali­fornia Dreams Tour.