Untitled-1Jika berkunjung ke Pasar Bersih Sentul City, Kabupaten Bogor jangan lupa untuk mencicipi somay dan batagor di Kedai Sobat Bandung milik Dian Abdul Halim. Rasanya dijamin nagih.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kedai Sobat Bandung berada di Pintu Masuk Barat. Dan, mulai buka jam 09:00 WIB setiap hari. Karena rasanya yang enak, Sobat Bandung memiliki banyak pelanggan setia dari berbagai kalangan.

Menurut Dian Ab­dul Halim, nama Sobat Bandung sendiri arti­nya Siomay dan Batagor Bandung. Dua jenis makanan khas Bandung it­ulah yang dijajakan Dian sejak tahun 2000.

Lokasi kedai Sobat Bandung pertama berada di area sekitar Pasar Cibinong. ‘’Pertama buka di Pasar Cibinong, lalu buka cabang kedua di sekitar terminal APTB. Tapi karena lapak yang di terminal APTB Sentul City digu­sur, saya pindah ke sini (Pasar Bersih Sen­tul City),” ujar Dian, kepada Bogor Today.

Pria bertubuh gempal ini mengaku memilih berdagang di Pasar Bersih Sentul City karena memiliki pelanggan yang cukup banyak di Terminal APTB yang tak jauh dari Pasar Bersih Sentul City. Dian mendapat info dari temannya bahwa lokasi Pasar Bersih Sentul City adalah lokasi yang pas untuk membuka lapaknya yang baru. Lalu dia pun memu­tuskan untuk memindahkan usahanya ke sini.

Baca Juga :  SOLUSI ADANYA DIKOTOMI SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA

Dian yang baru 3 minggu berdagang di Pasar Bersih Sentul mengatakan bahwa usaha siomay dan batagor yang dia geluti ini berkat dorongan dari sang ayah. “Dulu diberi modal oleh ayah un­tuk belajar mandiri. Sedangkan resep sionay dan batagor yang saya pakai saat ini diperoleh dari pedagang somay di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Se­latan,’’ tuturnya.

Setiap hari Dian dapat men­jual 800 potong somay dan batagor, yakni 300 po­tong di Pasar Cibi­nong dan 500 po­tong di Pasar Bersih Sentul. Hrga perpo­tong siomay Rp 2.500 atau satu porsi Rp 10.000 berisi empat po­tong terdiri dari siomay, kentang , tahu, dan kol. Kadang-kadang ada juga pare.

Dian memilih bahan-bahan yang san­gat fresh untuk membuat somay, batagor, dan bumbunya. ‘’Semuanya fresh dibuat pada pagi harin­ya. Kita belanja di Pasar Cibinong dan di Pasar Bersih sini. Somay yang saya jual hari ini, baru saya buat tadi pagi. Semuanya dijaga agar tetap fresh dan terasa nikmat di mulut,” ujar Dian yang baru berusia 22 tahun ini.

Baca Juga :  Palsukan Kartu Vaksin Covid-19, Pasutri di Bogor Ditangkap

Pelanggan Kedai Somay Sobat Band­ung ini datang dari berbagai kalangan, termasuk mantan pilot Singapore Air­lines Robin, yang sudah berlangganan sejak setahun yang lalu. ‘’Saya sudah jadi pelanggan sejak setahun yang lalu, ketika lapaknya masih di dekat terminal APTB. Somay di sini enak dan mantap, beda dengan di tempat lain,” jelasnya.

Walaupun Sobat Bandung di Pasar Ber­sih ini belum terlalu ramai, tapi Dian op­timis ke depannya akan ramai. “Sekarang saja sudah lumayan, tapi nanti setelah apartemen dan mall dekat Pasar Bersih ini dibuka, pasti akan lebih ramai, terlebih lagi pintu barat ini lokasinya dekat dengan pintu samping apartemen,” pungkasnya.

(Muhammad Rizal Oktavian)