BOGOR, Today – Pemerintah Kabupaten Bogor akhirnya melunak untuk mengiz­inkan pedagang kaki lima (PKL) kembali menggelar lapak dagangannya di kawasan pusat pemerintahan. Terutama saat peray­aan malam tahun baru 2016.

Untuk menghindari penumpukan PKL di sepanjang Jalan Tegar Beriman seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Bogor kini memusatkan malam tahun baru ke ka­wasan Stadion Pakansari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengakui jika PKL saat malam tahun baru sulit dibendung. Se­hingga perayaan tahun baru kali ini tidak lagi digelar di Lapangan Tegar Beriman.

Menurutnya, jika itu dilakukan, jalan yang membelah pemerintahan Bumi Tegar Beriman yang kini sudah bersih dari PKL, akan kembali kotor dan ditakutkan bakal menjadi keterusan.

“Tahun baru kali ini digelar di areal parkir Stadion Pakansari. Bagi pedagang yang mau berjualan di malam pergantian tahun, kami persilahkan,” kata Adang, Se­lasa (29/12/2015).

Meski begitu, ia menegaskan izin itu hanya berlaku sejak 31 Desember sore sam­pai 1 Januari 2016 dini hari.

“Iya jadi cuma sehari. Setelah itu harus steril lagi. Nanti Satpol PP juga ikut menga­wasi supaya tidak menumpuk banget PKL. Mungkin yang sudah terdaftar di kami saja sekitar 130an pedagang makanan,” tandas­nya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Bogor, Benny De­lyuzar menambahkan jika Jalan Tegar Beriman tetap harus steril dan hampir tidak ada toleransi PKL masuk di jalan itu.

“Kan kalau sudah bersih begini enak. Kebetulan sekarang sudah dipusatkan di kawasan Pakansari,” jadi mengontrolnya lebih mudah,” kata Benny.

Senada dengan Benny, Kabid Dalops Satpol PP Kabupaten Bogor, Asnan pun menegaskan tidak ada toleransi bagi PKL. Petugas pun hingga kini masih berpatroli untuk mencegah PKL masuk.

“Acara tahun ini di GOR Pakansari dan Jalan Tegar Beriman haru steril. Jadi, tidak ada toleransi,” singkat Asnan.

(Rishad Noviansyah)

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum wr.wb
    mohon ijin sy menyarankan utk PKL supaya d tempatkan di seputaran jalur lambat stadion pakansari supaya menjadi pusat keramaian kabupaten bogor utk warga sekitar…utk masalah penataan,penertiban,dan kebersihan sy siap menjadi kordinator para PKL..dan rencana sy utk yg pengangguran akan d jadikan juru parkir di seputaran stadion pakansari..supaya ada pekerjaan..trima kasih

Comments are closed.