DSC_7725JAKARTA, Today – Pebalap muda Indonesia, Rio Hary­anto, sudah memasang ancang-ancang menghadapi ta­hun 2016. Salah satu targetnya di tahun baru ini adalah mengharumkan nama Indonesia di Formula 1.

Rio mengaku puas dengan pencapaiannya selama tahun 2015. Setelah berkecimpung selama empat tahun di GP2, pada tahun kemarinlah ia menorehkan catatan terbaiknya.

Bersama Campos Racing, Rio menempati posisi ke­empat pada klasemen akhir pebalap. Capaian itu mele­wati target awalnya, yakni finis di lima besar pada klase­men akhir.

Kendati puas, Rio tetap merasa bahwa masih ada be­berapa kekurangan yang perlu ia perbaiki. Ia juga me­nyebut, hasil di atas lintasan seringkali juga ditentukan oleh faktor eksternal.

“Saya selalu mengevaluasi hasil dari setiap sesi dan jika melihat ke belakang tentu ada beberapa hal yang saya rasa bisa diperbaiki,” ujarnya kepada detikSport.

Setelah memastikan mobil berjalan lancar dan dapat melaju kencang, masih ada faktor eksternal lain yang dapat mempengaruhi hasil lomba. Misalnya, tertabrak kompetitor lain atau mendapat penalti yang ia rasa kurang adil.

“Meski demikian, apapun yang terjadi, saya harus per­caya diri melihat ke depan,” lanjut pebalap berusia 22 tahun tersebut.

Setelah empat tahun membalap di ajang GP2, Rio merasa cukup. Tahun ini, ia merasa sudah saatnya untuk membalap di Formula 1.

Pada akhir tahun 2015, Rio mendapatkan kesempa­tan tes bersama Manor. Lewat tes tersebut, Manor pun menyuarakan kepuasannya dan menawarkan satu kursi pebalap untuk tahun 2016 kepada Rio.

Pembicaraan kontrak Rio dengan Manor berjalan lancar. Untuk urusan sponsor, Rio mendapatkan du­kungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Ke­menterian BUMN. Kini, ia tinggal menunggu keputusan dari pihak Manor.

“(Target saya di 2016) Mengharumkan nama Indo­nesia di Kejuaraan Dunia Formula 1,” kata Rio singkat.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================