2015-VFR1200X-Crosstourer3Di Indonesia, Honda terkenal sebagai pro­dusen mo­tor matik, bebek dan sport. Namun ternyata, mer­eka juga memiliki lini motor-motor yang bisa melaju di “dua alam”, yak­ni aspal maupun off-road.

Dilansir dari Paultan, salah satu motor terbaru Honda yang bisa digunakan untuk menje­lajah berbagai medan adalah VFR1200X Crosstourer. Mengu­sung desain adventure, motor ini akan bersaing ketat den­gan R1200 GS buatan BMW.

Honda menyempur­nakan desain mesin 1.200cc yang digunakan pada motor ini, melalui perubahan pada sudut silinder dan camshaft. Meski mesinnya sama dengan yang dipasang pada VFR1200F (yang baru-baru ini terkena recall), tenaganya lebih kecil.

Mesin VFR1200X mam­pu menghasilkan tenaga sebesar 129 daya kuda dan torsi 126 New­ton meter. Tenaga mesin sengaja diturunkan sebesar 41 daya kuda dan tiga Newton meter, agar mo­tor lebih mudah dikendalikan.

Honda menyediakan dua jenis transmisi, standar enam percepa­tan dan otomatis dengan fitur dual clutch transmission (DCT). Jika memilih DCT, pengendara bisa memindah gigi transmisi se­cara manual melalui tombol.

Agar tidak mudah rusak, penggerak roda belakang me­makai sistem gardan. Pelindung gardan dibuat menyatu dengan lengan ayun, sehingga lebih ringkas dan aman.

Jika jok setinggi 850 milim­eter (mm) dirasa terlalu tinggi, konsumen bisa memilih jok yang lebih rendah 30 mm. Un­tuk memilikinya, konsumen ha­rus menyediakan dana sebesar US$12.600, atau setara dengan Rp177 juta.

(Hilman/net)

============================================================
============================================================
============================================================