DSC_0362Gerakan Bogor Hejo kian menggelinding. Kini mu­lai merambah Wilayah Kabupaten Bogor. Rabu (6/1/2016) kemarin, pena­naman pohon buah dilakukan di SDN 5 Ciomas, sekaligus pencanangan Go Green School di Kabupaten Bogor oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabu­paten Bogor Dace Supriadi.

HENDI NOVIAN
[email protected]

‘’Saya mendukung penuh gera­kan Bogor Hejo yang dimotori koran harian Bogor Today. Karena itu, saya canangkan penanaman pohon di se­mua sekolah yang ada di Kabupaten Bogor,’’ ujar Dace di halaman SDN 5 Ciomas, Kabupaten Bogor saat mem­buka acara penanaman pohon oleh para siswa-siswi kelas 5-6 dan para guru. Hadir pula komunitas Buah Batu Club (BBC).

Menurut Dace, Disdik Kabupaten Bogor sendiri memiliki program tan­am pohon, yaitu meminta para kepa­la sekolah agar menganjurkan para murid baru untuk membawa dua po­hon dan menanamnya di lingkungan sekolah. ‘’Karena itu, program tanam pohon Bogor Today ini menguatkan program yang sudah kami lakukan dan bisa disinergikan,’’ katanya.

Pada kesempatan ini, Dace juga berpesan kepada para pelajar SDN 5 Ciomas untuk terus menanam dan memelihara pohon di lingkun­gan sekolah yang sudah asri dan di pekarangan rumah masing-masing. ‘’Menanam pohon itu bagus untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, asri dan nyaman. Dengan banyak po­hon, udara akan tetap bersih. Karena udaranya tetap bersih, maka warga masyarakatnya akan lebih sehat,’’ katanya.

BACA JUGA :  Hasil Thomas Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Kalahkan Inggris 5-0

Dace menjelaskan, Kabupaten Bogor memiliki 1.200 SD negeri dan swasta, hampir 600 SMP dan Madra­sah Tsanawiyah, 300-an SMA negeri dan swasta, sekitar 300-an SMK neg­eri dan swasta. ‘’Jika semua sekolah dan para pelajarnya giat menanam pohon, maka lingkungan di Kabupat­en Bogor akan menjadi nyaman, se­juk, hijau, dan udaranya bersih dari polusi,’’ pungkasnya.

Kehadiran Kadisdik Dace yang mendadak ini, ternyata mengejutkan Kepala SDN 5 Ciomas Siswoto SPd dan para gurunya. Namun mereka sangat senang Kadisdik datang ke se­kolah mereka. ‘’Acara menanam po­hon pagi ini membawa berkah sendiri bagi kami, yakni hadirnya Bapak Kepala Disdik di sini. Terimakasih Bo­gor Today dan panitia telah memilih SDN 5 Ciomas sebagai lokasi pena­naman pohon pertama di lingkungan sekolah di Kabupaten Bogor,’’ kata Kepala SDN 5 Ciomas Siswoto dalam sambutannya.

Sebelumnya, Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani menje­laskan misi dan tujuan dari gerakan Bogor Hejo ini. Menurut dia, gera­kan menanam pohon ini merupa­kan kewajiban moral kita bersama. ‘’Bogor Today sebagai koran harian di Bogor memiliki kewajiban moral untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam menciptakan ling­kungan yang hijau, asri, sejuk, dan sehat,’’ katanya, ‘’Saya senang ke­luarga besar SDN 5 Ciomas berkenan menjadi lokasi penanaman pohon,’’ tambahnya.

BACA JUGA :  Marsinah, Aktivis yang Tewas Misterius saat Perjuangkan Hak Buruh

Lingkungan SDN 5 Ciomas sendiri sudah sangat asri. Beberapa pohon buah seperti mangga, jambu bol, be­limbing tumbuh subur di halaman sekolah yang tak terlalu luas itu. Bah­kan pohon mangga, jambu bol dan belimbing sudah berbuah.

Para muridnya juga tampak memi­liki kesadaran lingkungan sangat baik. Itu sebabnya, mereka tampak berse­mangat dan kompak ketika ikut me­nanam pohon buah bersama Kadisdik Dace, Kepala Sekolah dan para guru mereka. ‘’Hore… hore… hore…, kita nanam pohon durian, pohon nangka juga ada,’’ teriak anak-anak.

Di luar lingkungannya yang ber­sih dan asri, ternyata SDN 5 ini mem­butuhkan ruangan kelas tambahan untuk kegiatan belajar mengajar. Saat ini, SDN 5 Ciomas hanya memiliki 9 ruang kelas, padahal di sekolah ini ada 14 kelompok pelajar.

‘’Jadi, satu kelas dipakai dua kelompok belajar. Idealnya kita perlu 14 ruang kelas, ya minimal 12 ruang kelas,’’ kata Guru Olah Raga SDN 5 Ciomas, Suryadi Spd. (*)

============================================================
============================================================
============================================================