asuransi-pohonBOGOR TODAY – Banyak pohon tumbang yang menimbulkan kerugian material dan jiwa mem­buat Pemkot Bogor berencana mengasuransikan ratusan pohon di sejumlah jalan di Kota Hujan ini. Sejumlah warga mengapr­esiasi rencana pemkot tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Irwan Riyanto mengakui rencana ini mendapat apreasi dari warga Kota Hujan. “Saat ini kami tengah menyusun pengajuan asuransi akibat pohon tumbang. Pasti­nya akibat tumbangnya pohon karena cuaca, angin kencang dan lainnya nanti ada hitung-hitungannya semacam klaim dari pihak asuransi,” kata Irwan.

BACA JUGA :  7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Harus Diketahui Semua Orang

Setelah itu, pengajuan asur­ansi tersebut dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Dae­rah (TAPD) untuk kemudian diusulkan dalam APBD Kota Bo­gor. “Jika terwujud, maka pro­gram ini akan dimasukkan ke dalam APBD 2016 ini,” jelasnya.

Mekanisme pemberian ban­tuan atau santunan untuk keru­gian pohon tumbang akan di­lakukan melalui pihak asuransi. Klaim asuransi pohon ini, bagi korban yang meninggal mau­pun luka akibat tertimpa po­hon. “Nanti ada tim yang akan mengurusinya. Terkait asur­ansi mana yang akan menjadi rekanan dan berapa biaya klaim asuransi untuk korban, masih dibahas,” ujar Irwan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Program ini, lanjutnya Ir­wan, mengadopsi dari program Pemprov DKI Jakarta yang su­dah melaksanakan program perlindungan bagi pengguna jalan. Selama 2015, tercatat ada puluhan pohon tumbang dan menyebabkan beberapa kendaraan warga rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Bah­kan, tumbangnya pohon juga menyebabkan korban luka-luka dan meninggal.

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================