125621885LAS VEGAS, Today – Floyd May­weather Jr yang memutuskan pensiun pada September 2015 lalu tidak serta-merta bebas dari aturan tinju.

World Boxing Association (WBA) dilaporkan bakal men­copot sabuk juara Mayweather Jr pada akhir bulan ini.

Saat pensiun, Mayweather Jr adalah juara tak terbantahkan dari Dewan Tinju Dunia dan Aso­siasi Tinju Dunia di kelas welter dan menengah junior.

Namun pada 7 Juli 2015 lalu, Mayweather Jr harus merelakan sabuk juara WBO miliknya dicopot.

Jika pencopo­tan sabuk juara WBA milik Mayweather Jr terealisasi akhir bulan ini, artinya sudah dua sabuk mi­lik petinju berjuluk The Mon­ey yang diambil setelah mega d u e l mel­a w a n M a n n y Pacquiao, 3 Mei 2015.

BACA JUGA :  Jadwal Tim Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024 Hari Ini

Keputu­san WBA un­tuk mencopot sabuk nya disampaikan langsung Presiden WBA Gilberto Mendoza.

“Ini adalah masalah formalitas, pada akhir Januari nanti, Mayweath­er Jr tidak lagi menjadi juara WBA,” kata Gilberto Mendoza, presiden baru WBA, dikutip ESPN, Jumat (8/1/2016)

Setelah sabuk juara WBA milik Mayweather Jr dicopot, Mendoza mengatakan bahwa keputusan itu mungkin mempengaruhi beberapa petinju seperti Erislandy Lara, Jack Culcay, Keith ‘One Time’ Thurman dan David Avanseyan yang juga me­megang sabuk juara WBA di kelas masing-masing.

Sekadar informasi, pada Juli lalu gelar juara dunia tinju kelas welter yang dimiliki Floyd Mayweather Jr diambil oleh World Boxing Organi­zation (WBO).

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Waspadai Thailand di Thomas Cup 2024

Penyebabnya, Mayweather Jr di­anggap tidak mematuhi aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan WBO soal jatah sabuk juara.

Organisasi tinju dunia itu memi­liki aturan bahwa petinju yang mem­punyai beberapa gelar juara dunia dari kelas berbeda harus melepas sabuk juara lainnya yang dia punya.

Hal itu ditujukan agar petinju lain memiliki kesempatan untuk merasakan gelar juara dunia.

“Komite kejuaraan dunia WBO tidak mengakui tuan Floyd May­weather Jr sebagai juara dunia WBO kelas welter dan kami meniadakan gelarnya karena gagal memenuhi peraturan dalam konteks kejuaraan dunia,” demikian bunyi pernyataan WBO pada saat itu.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================