BOGOR, TODAY– Pemerintah Kabupaten Bogor berencana membangun wisata religi di ka­wasan Pasir Madang, Kecama­tan Sukajaya, sebagai upaya mengembangkan ekonomi dari pariwisata.

Selain itu, wisata religi yang rencananya berdiri diatas lahan 215 hektare ini juga memiliki misi meningkatkan kesalehan sosial dan kesejahteraan masyarakat Bumi Tegar Beriman.

“Saya harap ini menjadi magnet dalam pengembangan pembangunan Bogor wilayah Barat. Nantinya, program ini akan dikembangkan lewat program padat karya dengan bekerjasama dengan Yayasan Amanah,” ujar Yanti akhir pe­kan lalu.

Yanti pun berjanji memberi pelatihan kepada masyarakat agara wisata religi ini mampu menarik minat wisatawan do­mestik dan mancanegara.

BACA JUGA :  Tinjau Lokasi Bencana di Kota Bogor, Dedie Rachim Pastikan Logistik Terakomodir

Ini, lanjut Yanti, bisa men­jadi solusi mengentaskan an­gka pengangguran. “Kalau bisa dikelola dengan baik, ya bisa menciptakan lapangan kerja dan bisa merubah kultur masyarakat untuk lebih peduli dengan pendidikan,” tandas nenek dua cucu itu.

Konsep wisata religi di Su­kajaya itu nantinya menampil­kan miniatur masjid dari 26 ne­gara yang dibangun pertengah tahun 2016.

“Kami akan bangun 99 min­iatur masjid dunia. Tapi tahap awal, kami bangun 86 dulu. Nanti juga ada wisata kuliner sesuai asal masjid itu di hala­mannya,” kata Ketua Yayasan Manah, Harono.

BACA JUGA :  Hidangan Kreasi yang Lezat dengan Brownies Kurma Kukus

Ia menambahkan, akan ada masjid utama yang bisa me­nambung 200 ribu orang dan miniatur yang ada bisa menam­pung jemaah maupun pengun­jung hingga 300 orang.

Estimasi pembangunan, kata dia, bakal memakan waktu minimal enam tahun dan mak­simal 12 tahun.

“Wisata ini terbuka untuk umum. Jadi bukan hanya umat muslim saja, tapi semua orang bisa datang kesini,” pungkasn­ya.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================