alfian mujani 240ADA orang-orang yang selalu mengikuti kita karena mereka ingin meniru atau meneladani kita. Ada orang-orang yang selalu membuntuti kita ka­rena ingin mencari ke­salahan kita atas nama dengki. Kedua-duanya memiliki fungsi positif ketika kita merespon­nya secara positif. Kita akan mencoba untuk mempersembahkan yang terbaik dan menjauhi yang tidak baik.

Keduanya juga bisa berdampak negatif ke­tika kita meresponnya secara negatif dan ber­lebihan. Bisa jadi model orang-orang pertama menjadikan kita sombong. Sedang model orang-orang kedua menjadikan kita terjebak dalam kebencian. Sungguh segala masalah yang hadir pada kita sangat tergantung pada cara kita menghadapi dan menyelesaikannya.

Ada model ketiga yang berbeda, yakni mereka yang tak pernah mengikuti dan membuntuti kita. Tak pernah peduli kepada kita. Tak pernah ingin tahu tentang kita. Tak pernah mau bersentuhan dengan kita kecuali ketika butuh. Bagaimanakah cara terbaik ber­hubungan dengan orang macam ini? Ya tetap menyikapinya secara positif dan mengambil sisi positifnya. Tetaplah berikan yang terbaik bagi mereka berupa doa-doa kebaikan.

============================================================
============================================================
============================================================