Untitled-2Kita butuh pohon, po­hon butuh kita. Karena itu, setelah ditanam, pohon ini harus kita rawat agar tumbuh sub­ur dan berbuah untuk dipanen,’’ kata Kepala SMPN 11 Sempur Kota Bogor Hj Euis Nurjanah MPd mengawali acara pena­naman pohon Gerakan Bo­gor Hejo di halaman SMPN 11, Kamis (21/1/2016).

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Ucapan Euis yang sing­kat dan lugas itu menun­jukkan bahwa dia adalah satu dari sedikit orang yang memberikan perhatian terhadap pohon. Ia tahu betapa pentingnya pohon bagi kehidupan. ‘’Taman SMPN 11 kami rawat agar tetap hijau dan nyaman. Kita ikut program Adiwiyata nasional, yaitu program pendidikan lingkungan hidup yang melibatkan seluruh komponen di sekolahan,’’ katanya.

Di sekolah yang tak jauh dari Lapangan Sempur ini, memang sudah memiliki koleksi sejumlah pohon buah yang tergolong langka di Bogor diantaranya pohon buah matoa dari Papua. Pohon buah lainnya seperti mangga, belimbing, rambutan, jambu Jamaika, jambu air, jambu biji, bahkan pohon melinjo sudah mulai berbuah.

Baca Juga :  Perkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi Polemik Kenaikan BBM

Maka, tak heran jika SMPN 11 juga memiliki Duta Lingkungan Hidup, yaitu sekelompok pelajar dari kelas 7, 8, dan 9. Tugas mereka merawat lingkungan hidup di se­kolah secara sukarela. Pada acara penanaman pohon yang dilakukan Gerakan Bogor Hejo dan RAPI Kota Bogor di SMPN 11 ini, Duta Ling­kungan Hidup ikut aktif.

Hadir pula Anggota DPRD Kota Bogor Laniasari, Sekretaris Gera­kan Bogor Hejo Tato Marsito, aktifis lingkungan hidup Indra, dan Pem­impin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani. ‘’Kami sangat senang dan berterimakasih atas kedatangan tim Bogor Today, Bogor Hejo, dan Ibu Lania dari dewan,’’ kata Euis.

Baca Juga :  IPB RUN 2022, Lari Sambil Tanam Pohon Langka

Lania juga berpesan agar para guru dan pelajar semakin giat melakukan penanaman pohon di sekolah-sekolah, di lingkungan pe­mukiman masing-masing. ‘’Hanya dengan cara menanam pohon kita bisa mengembalikan Kota Bogor menjadi sejuk, indah, dan nyaman. Gerakan menanam pohon juga sekaligus mendukung program Pemda Kota Bogor mebangun seri­bu taman,’’ katanya.

Para pelajar dan guru SMPN 11 tampak bergembira karena Tim Bogor Hejo memberikan doorprize berupa tumbler dari BRI Dewi Sar­tika Kota Bogor. Doorprize ini di­berikan kepada pelajar dan guru yang tahu nama pohon yang ditun­jukkan Tim Bogor Hejo.