longsor-puncak-(5)BOGOR, Today – Puncak musim penghujan yang dipe­kirakan terjadi awal Februari mendatang, masyarakat diim­bau untuk meningkatkan ke­waspadaan.

Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melansir 23 dari 40 keca­matan di Bumi Tegar Beriman masuk zona rawan bencana alam.

Kepala Seksi (Kasi) Kesiap­siagaan dan Logistik pada BPBD, Budi Aksomo mengatakan, keca­matan yang masuk dalam zona merah bencana alam, longsor dan banjir tersebut tersebar di wilayah bagian barat, timur dan selatan Kabupaten Bogor.

“Ada 10 kecamatan yang ma­suk dalam zona merah rawan bencana longsor dan 8 keca­matan rawan banjir dan sisanya masuk dalam zona rawan angin putingbeliung,” kata dia.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Pangleseran Sukabumi, Truk Angkut Kayu Gelondongan Terguling

Dalam kurun tahun 2015, di kabupaten Bogor tercatat seban­yak 680 kejadian bencana, den­gan rincian bencana tanah long­sor sebanyak 125 kejadian, banjir 22 kejadian, angin putingbeliung 151 kejadian, kebakaran lahan 368 kejadian dan lain-lain seban­yak 14 kasus.

“Selama 2015, kejadian ben­cana kebakaran lahan yang mendominasi karena kekeringan pada musim kemarau panjang,” kata dia.

Empat kecamatan di Kabu­paten Bogor merupakan zona merah paling tinggi longsor yakni, kecamatan Leuwiliang, Cibinong, Nanggung dan Su­kamakmur. Enam kecamatan zona merah sedang long­sor yakni Ciguseg, Rumpin, Babakanmadang, caringin, Pamijahan dan Cisarua. “Zona merah bencana banjir tersebar di 8 kecamatan, di antaranya, Tanjungsari, Cariu, Jonggol, Gu­nungputri, Parungpanjang, dan sisanya rawan angin puting beli­ung di wilayah Ciomas, Taman­sari, Caringin,” kata dia.

BACA JUGA :  Pasangan Jaro Ade - Anang Hermansyah Berpeluang Maju di Pilbup Bogor 2024

Kepala Stasiun Klimatologi Dramaga, Dedi Sucahyono mengatakan pada saat ini wilayah Bogor, Jabodetabek dan Jawa Barat sudah mema­suki musim penghujan. “Pun­cak musim hujan diperkirakan terjadi pada bulan Februari hingga Maret setelah itu me­masuki masa transisi yang ha­rus diwaspadai karena cuaca akan lebih ekstrim,” kata dia.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================