alfian mujani 240KONON, seseorang sangat bahagia jika dia wafat maka wafat jugalah dosa-dosanya. Yang paling me­nyedihkan, jika seseorang telah meninggal dunia tapi dosa-dosanya tetap hidup mengalir dari generasi ke generasi berikutnya, hing­ga kiamat.

Berbahagialah mereka yang senantiasa berbuat baik dan ketika mereka wafat, ke­baikannya tidak ikut wafat. Kebaikannya mengalir terus dari generasi ke generasi sampai kiamat kelak. Inilah yang disebut sedekah jari­yah. Amal jariyah bukan hanya sedekah harta tetapi juga kebaikan-kebaikan lain yang man­faatnya terus mengalir.

Marilah kita berupaya semaksimal mung­kin mendekatkan diri pada kebaikan. Jangan biarkan diri kita merasa nyaman dengan ke­maksiatan. Curigalah pada diri kita ketika selalu mudah dan menemukan jalan untuk berbuat maksiat. Kemaksiatan yang dilaku­kan setelah kemaksiatan, menurut hakim kebenaran, adalah hukuman dari kemaksia­tan yang sebelumnya. Sebagaimana kebaikan yang kita lakukan setelah suatu kebaikan, adalah balasan untuk kebaikan itu sendiri.

============================================================
============================================================
============================================================