Oleh: AHMAD AGUS FITRIAWAN
Guru MTs. Yamanka Kec. Rancabungur Kab. Bogor

Ibadah Shalat yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam adalah ban­gunan megah indah yang memiliki sejuta ruang yang menampung semua inspirasi dan aspirasi serta ekspresi positif se­seorang untuk berperilaku baik, karena perbuatan dan perkataan yang terkandung dalam shalat banyak mengandung hikmah, yang diantaranya menuntut ke­pada mushalli untuk meninggal­kan perbuatan keji dan mungkar.

Sayangnya shalat sering di­pandang hanya dalam bentuk formal ritual, mulai dari takbir, ruku’, sujud, dan salam. Sebuah kombinasi gerakan fisik yang ter­kait dengan tatanan fikih, tanpa ada kemuan yang mendalam atau keinginan untuk memahami haki­kat yang terkandung di dalam simbol-simbol shalat. Berikut ini adalah nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam proses men­jalankan ibadah shalat.

Pertama, latihan kedis­iplinan. Waktu pelaksanaan shalat sudah ditentukan sehingga kita tidak boleh seenaknya meng­ganti, memajukan ataupun men­gundurkan waktu pelaksanaan­nya, yang akan mengakibatkan batalnya shalat kita. Hal ini mel­atih kita untuk berdisiplin dan sekaligus menghargai waktu. Dari segi banyaknya aturan dalam shalat seperti syarat sahnya, tata cara pelaksanaannya mau­pun hal-hal yang dilarang ketika shalat, batasan-batasan ini juga melatih kedisiplinan manusia untuk taat pada peraturan, tidak “semau gue” ataupun menuruti keinginan pribadi semata.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Kedua, latihan kebersihan, se­belum shalat, seseorang disyarat­kan untuk mensucikan dirinya terlebih dahulu, yaitu dengan berwudlu atau bertayammum. Hal ini mengandung pengertian bahwa shalat hanya boleh diker­jakan oleh orang yang suci dari segala bentuk najis dan kotoran sehingga kita diharapkan selalu berlaku bersih dan suci. Di sini, kebersihan yang dituntut bu­kanlah secara fisik semata, akan tetapi meliputi aspek non-fisik sehingga diharapkan orang yang terbiasa melakukan shalat akan bersih secara lahir maupun batin.

Ketiga, latihan konsentra­si. Shalat melibatkan aktivitas lisan, badan, dan pikiran secara bersamaan dalam rangka meng­hadap ilahi. Ketika lisan men­gucapkan Allahu Akbar, secara serentak tangan diangkat ke atas sebagai lambang memuliakan dan membesarkan, dan bersa­maan dengan itu pula di dalam pikiran diniatkan akan shalat. Semua itu melatih kemampuan konsentrasi pada manusia. Kon­sentrasi, dalam bahasa Arab disebut dengan khusyu’, ditun­tut untuk dapat dilakukan oleh pelaku shalat.

Keempat, latihan sugesti ke­baikan. Bacaan-bacaan di dalam shalat adalah kata-kata baik yang banyak mengandung pujian seka­ligus doa kepada Allah. Memuji Allah artinya mengakui kelema­han kita sebagai manusia, se­hingga melatih kita untuk senan­tiasa menjadi orang yang rendah hati, dan tidak sombong. Berdoa, selain bermakna nilai kerenda­han hati, sekaligus juga dapat me­numbuhkan sikap optimis dalam kehidupan.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Kelima, latihan kebersamaan. Dalam mengerjakan shalat sangat disarankan untuk melakukannya secara berjamaah (bersama orang lain). Dari sisi pahala, “Shalat Ja­maah lebih utama dua puluh tu­juh kali dibanding shalat sendiri” (H.R. Bukhari dan Muslim). Dari sisi psikologis, shalat berjamaah memberikan aspek terapi yang bersifat preventif maupun kura­tif. Seseorang dapat menghindar­kan diri dari gangguan kejiwaan seperti gejala keterasingan diri.

Sholat bukan hanya sekedar ritual formal, melainkan ada muatan aktual, yaitu bukti nyata yang dirasakan. Alangkah naif­nya seseorang yang shalat, tetapi bibirnya penuh ucapan kebohon­gan. Alangkah tak berharganya makna shalat apabila tidak mem­berikan imbas untuk menjadi manusia yang bermanfaat dan menjauhi yang mungkar. Inilah yang dimaksudkan dengan sho­lat kaffah, . Muatan moral yang dipresentasikan oleh shalat mem­bekas di kalbu dan membentuk kecerdasan rohani yang sangat tajam yang kemudian melahirkan amal saleh, mencegah dirinya dari perbuatan keji dan mungkar. Wallahu’alam (*)

============================================================
============================================================
============================================================