Foto-Franda-Presenter--Lensa-Olahraga-ANTV-2Bagi masyarakat Tionghoa, merayakan Imlek tidak terlepas dari tradisi-tradisi di dalamnya yang sudah bertahan sejak lama. Banyak selebriti Indonesia yang juga merayakan tradisi leluhurnya ini. Wanita keturunan Tionghoa seperti Efranda Stephanus pastinya memiliki kebiasaan berbeda dalam merayakan Imlek. Selain berkumpul dengan keluarga, ciri khas lain dari tradisi meray­akan Imlek adalah memberikan angpao.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Efranda Stephanus sendiri ternyata sudah tidak lagi merayakan Imlek. Meski memiliki garis keturunan Tionghoa, namun Fran­da mengaku tidak akan merayakan Imlek tahun ini. Bahkan tradisi ta­hunan tersebut sudah luntur di ke­luarga besar gadis cantik asal kota Malang ini. Alasannya,dia dan ang­gota keluarganya sudah resmi men­ganut agama Kristen. “Kalau untuk Imlek, aku dan keluarga tidak ter­lalu merayakan. Soalnya, kami seke­luarga sudah penganut Kristen,” akunya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 28 Mei 2024

Meski begitu,Efranda masih memiliki beberapa sanak keluarga yang masih merayakan tradisi itu. “Paling, karena kakek dari mamaku yang masih Konghucu,yang mem­buat kami masih sedikit-sedikit merayakan Imlek. Tapi, tetap itu perayaannya biasa saja.Hanya un­tuk menghargai dan menghormati keluarga,” ujar dara kelahiran Malang 8 Februari 1987 ini.

BACA JUGA :  Erupsi di Gunung Semeru Jatim, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

Memutar kembali ingatannya kala masih merayakan Imlek bers­ama keluarga pada masa kecilnya, Franda mengaku sempat men­galami tradisi bagi-bagi angpao. Pernah. Itu untuk menghormati kakek aja. Tapi kita cuma ikutan. Mungkin belum terlalu yang gi­mana gitu yah. Soalnya waktu saya kecil kan tradisi Imlek belum begitu diakui di Indonesia. Makanya kalau Imlek kelu­arga kami gak ada keharusan gitu un­tuk ngrayainnya,” lanjut Franda men­genang masa kecil­nya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================