Untitled-6BOGOR, TODAY – Sejak dibu­ka dua pekan lalu, informasi lelang renovasi Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor diserbu pengusaha. Tak tanggung-tanggung, 69 peru­sahaan berminat pada proyek senilai Rp 17,3 miliar itu.

Kepala Kantor Layanan Pen­gadaan Barang dan Jasa (KLPBJ) Kabupaten Bogor, Hendrik Suherman menjelaskan, doku­men lelang sudah diterima. Lelang pun akan dimulai pada minggu ketiga Januari 2016 ini.

“Secara resmi kita akan buka pekan depan. Kami tar­getkan, pekan keempat bulan ini bisa selesai,” kata Hen­drik, saat dihubungi, Jumat (15/1/2016).

Selain ruang rapat paripur­na, kata Hendrik, KLPBJ juga menerima dokumen lelang un­tuk beberapa paket proyek yang gagal dilaksanakan pada tahun 2015 lalu, diantaranya proyek pengadaan buku referensi un­tuk perpustakaan SD senilai Rp 12,6 miliar. “Anggaran untuk pengadaan buku ini bersum­ber dari bantuan Provinsi Jawa Barat tahun 2015 lalu,” jelasnya.

Baca Juga :  3 Tahun Menggeluti Kerajinan Kayu, Pria 27 Tahun Ini Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Terpisah, Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor, Nuradi men­gatakan, proyek yang telah mangkrak sejak 2014 ini akan memakan waktu pengerjaan selama tujuh bulan.

Waktu selama itu, kata Nu­radi, untuk memberi kesempa­tan kepada penyedia jasa men­gutamakan kualitas.

“Proyek ini banyak peker­jaan rumit yang membutukan ketelitian sehingga tak bisa dik­erjakan dengan terburu-buru,” ujarnya.

Baca Juga :  BMKG Prediksi Bogor Akan Dilanda Cuaca Ekstrem Selama Sepekan Kedepan

Ia menambahkan lelang ta­hun ini akibat kegagalan tahun 2015 lalu. Tahun lalu, lelang ‘gedung hantu’ baru dilaksana­kan semester dua tahun angga­ran berjalan.

“Proyek ini gagal dilaksana­kan pada tahun 2015 lalu ka­rena waktunya sangat mepet. Meski lelang dibuka dua kali, jumlah perusahaan yang ikut sedikit,” jelasnya.

Nuradi menjadikan penye­lesaian renovasi Ruang Rapat Paripurna prioritas dalam keg­iatan belanja modal di Sekre­taria DPRD.

“Ini sudah sua tahun ter­tunda. Makanya saya diminta bupati duduk disini untuk menyelesaikannya. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada kendala,” pungkasnya.

(Rishad Noviansyah)