Untitled-1REKONSTRUKSI kejayaan Bogor melalui gerakan Bogor Hejo, menanam pohon untuk selamatkan air dan udara, kian mendapat dukungan luas. Setelah Paguyuban Budiasih menyatakan siap memenuhi kebutuhan aneka bibit pohon yang diperlukan, kini PT Astra International Tbk memberikan energi tambahan bagi gerakan ini.

ALFIAN MUJANI
[email protected]

PT Astra International Tbk berkomitmen untuk men­dukung penuh gerakan Bogor Hejo. Bagi Astra ikut menghijauakan ka­wasan Bogor merupakan sebuah panggilan,’’ kata Senior Manager Public Relation PT Astra Interna­tional Tbk Yulian Warman kepada Bogor Today, akhir pekan lalu di Ja­lan Heulang, Kota Bogor.

Astra Group memang memiliki komitmen nasional untuk melaku­kan penanaman pohon. Gerakan penghijauan yang dilakukan peru­sahaan swasta nasional papa atas ini sudah lama berlangsung, yakni Go Green white Astra Internation­al. Menurut Yulian, Bogor menjadi sangta penting untuk dihijaukan ka­rena merupakan daerah hulu sungai yang bermuara di Jakarta.

BACA JUGA :  Waspada! Ini Dia 8 Cara Mencegah Tertular Flu Singapura

‘’Kawasan hulu sungai yang sekaligus daerah resapan air ini per­lu dipelihara dengan dijaukan kem­bali, sehingga ketika hujan, debit air tidak langsung tumpah ke kawasan Jakarta,’’ katanya.

Karena itu, menghijauan kem­bali kawasan Bogor baik itu lereng-lereng pegunungan, kawasan pe­mukiman, maupun taman-taman di tengah kota, diyakini akan me­nyelamatkan Jakarta dari ancaman banjir tahunan. ‘’Penanaman pohon sama dengan memproduksi oksigen dan membersihkan kembali udara,’’ kata Yulian.

Dengan alasan itulah, Astra In­ternational sangat mendukung gera­kan Bogor Hejo yang dilakukan su­rat kabar harian Bogor Today, RAPI Kota Bogor, dan alumni Fahutan 28 IPB. ‘’Gerakan Bogor Hejo semakin menarik karena akan dilakukan setiap hari,’’ katanya.

Sebelunya pendiri Paguyuban Budiasih Mayjen TNI Doni Monardo yang kini menjabat Pangdam Pa­timura menyatakan dukungannya terhadap gerakan Bogor Hejo. ‘’Saya dan Paguyuban Budiasih akan mem­bantu seoptimal mungkin gerakan Bogor Hejo, terutama kita akan su­port aneka macam bitit pohon. Saya sangat senang dengan munculnya gerakan baru menanam pohon ini,’’ kata Doni.

BACA JUGA :  Labu Siam Ternyata Punya 12 Manfaat untuk Kesehatan, Simak Berikut Ini

Seperti diketahui, Paguyuban Budiasih memiliki pusat pembibitan pohondi kawasan Sentul, Kabupat­en Bogor. Pusat pembibitan yang su­dah dibangun sejak beberapa tahun silam dan mendapat dukungan BNI­Green, saat ini memiliki sejuta bibit lebih siap tanam.

Menurut Ketua Paguyuban Bu­diasih Kolonel Rio Firdiyanto, bibit-bibit yang sudah siap tanam itu se­bagian besar sudah didistribusikan kepada masyarakat di Pulau Jawa. Sebagian digunakan untuk menghi­jaukan kembali kawasan perbukitan di Cisarua, Cipanas hingga ke ka­wasan Cianjur. ‘’Untuk menambah stok bibit, saat ini Budiasih sedang melakukan pembitan lagi di area baru,’’ katanya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR