banjirBOGOR TODAY- Curah Hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Jabodetabek) diperkirakan bakal terjadi pada 10 hari terakhir Jan­uari hingga awal Februari 2016. Masyarakat pun di­minta untuk waspada terhadap ancaman banjir.

“Pada tanggal segitu, kemungkinan hujannya ada di skala besar dan memungkinkan terjadi banjir,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo, Rabu (27/1/2016).

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging dan Kentang untuk Menu Andalan Keluarga

Menurutnya, banjir di Januari dan Februari bertepatan dengan siklus pasang air laut hingga per­mukaan daratan sulit menyerap genangan air. “Ya memungkinkan (banjir), karena surutnya genangan cenderung lambat, sehingga ini kan larinya ke laut tapi siklus Januari kebetulan siklus pasang,” ujarnya.

Potensi curah hujan tinggi juga berpotensi terjadi di pantai barat Sumatera, Sumatera bagian barat, Su­matera bagian utara termasuk Aceh, Sumatera bagian selatan, Jawa bagian tengah dan timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, hingga Papua bagian tengah. “Untuk musim hujan kan biasanya be­rakhir Maret. Tapi kalau kita lihat kenaikan tingginya curah hujan sampai 10 Februari, prediksi awal kita be­rakhir sampai April,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Cemilan Simple dengan Cireng Empuk Renyah dengan Bahan Murah Meriah

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================