ormasBOGOR TODAY – Dana hibah bantuan sosial Kota Bogor untuk ormas dibujet Rp 29 Juta pada tahun Anggaran 2016. Angka ini masih jauh diluar ekspektasi mengingat banyaknya Oganisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lem­baga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kota Bogor.

Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman mengatakan, angka tersebut sudah merujuk Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penyusunan APBD. “Itu sudah sesuai dengan permendagri, jadi kita hanya menjalankannya saja,” tandas­nya.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Minibus di Jalan Pantura Demak, Pengemudi Tewas

Pria berkacamata itu, menjelaskan, setiap organisasi di Kota Bogor akan digilir untuk mendapatkan dana bansos, karena dengan jumlah dana bansos yang terbatas tidak mung­kin semua organisasi mendapatkannya. “Maka dari itu Kesbangpol harus melakukan verifikasi kepada setiap organisasi, dan nantinya organi­saisi tersebut akan digilir mendapatkan ban­tuan,” paparnya.

Saol ini, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor, Fordinan, mengatakan, pihaknya hanya menjalankan tugas sesuai mekanisme dan aturan yang ber­laku. Ia menjelaskan, jumlah organisasi yang mendapatkan dana bantuan dari pemerintah tersebut sesuai dengan aturan. “Dana hibah untuk tahun sekarang hanya sedikit, maka yang mendapatkannya yang sudah melengka­pi berkas saja,” kata dia, saat ditemui d kantor Kesbangpol Kota Bogor, kemarin. “Kita hanya melakukan verifikasi kepada organisasi saja, kalau organisasinya jelas ada dan mempunyai aktifitas itu bakal mendapatkan dana bantuan. Kami data kelapangan untuk mengetahui jum­lah organisasi yang masih aktif,” tuntasnya.

BACA JUGA :  Resep Membuat Udang Saus Tiram ala Restoran Untuk Menu Buka Puasa yang Nikmat

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================