Untitled-5Sudah banyak buku, artikel dan bahkan training un­tuk membahas seperti apa sih cara orang-orang kaya tersebut berpikir dan bertindak? Salah satu penulis buku Steve Siebold mendapati jawaban yang cukup surprise ketika dia melaku­kan interview ke banyak miliuner di seluruh dunia.

Jawaban tersebut, ternyata hanya sedikit yang berhubungan dengan uang, kebanyakan justru berhubungan dengan mental alias cara kita berpikir tentang uang dan kehidupan.

Dalam tulisan kali ini kita akan bahas beberapa trik dan tips bagaimana orang kaya tersebut berpikir yang membedakan den­gan orang-orang kebanyakan.

  1. Orang kebanyakan melihat uang secara emosional, sementara orang kaya melihat uang menggu­nakan logika.
BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Sambal Teri Cabe Hijau yang Mantul

Orang kebanyakan yang mem­punyai latar belakang edukasi yang bagus, pekerjaan yang bagus cenderung kemudian menjadi ‘ta­kut’ alias bermain aman dengan kehidupannya dan lebih berminat untuk pensiun dengan nyaman. Mereka menggunakan emosinya untuk ‘mencari aman’ atau dike­nal dengan istilah ‘comfort zone’ dengan kondisi keuangan yang mereka miliki saat ini. ­

Sementara orang kaya melihat uang hanya sebagai alat saja sehingga menggunakan logika mereka. Mer­eka melihat bahwa uang yang dimil­iki bisa memberikan mereka pilihan dan kesempatan untuk mengem­bangkan uang mereka menjadi lebih banyak lagi.

  1. Orang kebanyakan berpikir bahwa cara untuk menjadi kaya adalah dengan pendidikan formal, orang kaya percaya bahwa fokus pada suatu ilmu/pengetahuan.
BACA JUGA :  Resep Membuat Sambal Ikan Sepat Cabe Hijau yang Mantul

Kalau diperhatikan, banyak sekali dari orang-orang kaya di du­nia ini yang hanya memiliki sedikit latar belakang pendidikan formal, akan tetapi mereka sangat fokus dan sangat menguasai apa yang mereka kerjakan. Almarhum Om Bob Sadino juga sering sharing pen­galaman dia mengenai hal ini.

Sementara itu kebanyakan orang lebih percaya bahwa gelar Master atau bahkan Doktor akan menjamin masa depan kekayaan mereka.

============================================================
============================================================
============================================================