1452053328821Sepatu merupakan salah satu elemen fashion yang penting bagi pria dan wanita. Selain karena fungsinya yang vital sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga memberi daya pikat yang penting pada kesan pertama. Namun berapa banyak yang menyadari ini?

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Banyak orang menganggap sepatu sebelah mata. Fung­sinya sebagai alas kaki sering luput dari perhatian. Jus­tru disitulah test sesungguhnya akan kepedulian Anda tentang kebersihan. Kulitas dari sepatu yang Anda kenakan dapat menunjukan seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Termasuk kualitas dari kebersihannya. Orang lain otomatis akan menghargai penampilan Anda, terma­suk para wanita. Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampi­lan dan tentunya rasa percaya diri.

Seperti Bagus Rama dan Agung Nong. Awalnya dua le­laki bersahabat ini melihat trend pasar sepatu bermerk dan berkualitas. Sepatu bermerk pun tidak akan tahan lama jika perawatannya tidak khusus. Bagus Rama dan Agung memikir­kan bagaimana cara merawat sepatu kesayangannya.

Bagus Rama dan Agung belajar sendiri dari teman-teman penggemar sepatu untuk merawat sepatu secara khusus ses­uai jenis bahannya. Hal pertama adalah kebersihan sepatu itu sendiri. Dari kebersihan itu akan membuat sepatu tahan lama.

Jangan lupa treatment khusus untuk sepatu berbahan leath­er. Setelah berhasil merawat sepatunya sendiri, dua sahabat ini membuat Brand De Alas Kaki di Camp Rinjani Babakan Lebak No 15 Darmaga Bogor. Jam operasional De Alas Kaki setiap hari pukul 09.00-21.00. ”Khusus jumat jam 13.30-21.00,” ungkap Bagus.

De Alas Kaki adalah premium shoes cleaning, yaitu mem­bersihkan sepatu sesuai bahan sepatu. Sikat dan cleaner yang dipakai khusus untuk sepatu. Selain itu cleaning (membersi­hkan atau cuci). Ada juga repaint atau recolor (untuk mewar­nai kembali sepatu yang sudah kusam dan mengubah warna sepatu). Untuk cleaning dipakai istilah deep cleening (seluruh bagian sepatu dibersihin; outsole, midsole, upper, insole). “Semua jenis sepatu bisa dicleaning (bahan suede, canvas, leather, nubuck, jeans, nylon). Kalau re­paint sama recolor itu untuk bahan suede, canvas, leather; bagian midsol sama outsole juga bisa” lanjutnya.

Harga De Alas Kaki untuk proses deep clean selama tiga hari Rp. 35.000 sedangkan satu hari Rp. 55.000, quick deep clean Rp. 65.000, flat shoes Rp. 25.000, repaint untuk canvas dan suede Rp. 85.000-Rp.100.000, repaint untuk leather Rp. 100.000-Rp 150.000. untuk menghilankan noda men­guning pada midsole yang awalnya putih Rp. 15.000 (coming soon). “Kita punya layanan gratis jemput antar untuk wilayah sekitar Kampus IPB Dramaga dan Bogor mini­mal 3 pasang,” lanjut pria yang akrab dipanggil BR.

Rencana De Alas Kaki bulan ini ingin membuka tempat untuk mendropship di kios gabun­gan dengan JNE Jalan Paledang depan Stasiun Bogor. “Jadi orang-orang di Bogor kalau mau nyuci sepatu bisa naro di dropship kita nanti diambil disana juga,” katanya.

Untuk dropship sepatu, waktu pengerjaannya satu hari dan tiga hari. “Kita menyesuaikan kebu­tuhan customer. Ada yang butuh cepat jadi kita siapkan layanan satu hari. Tentunya harga juga beda, kalo standar pekerjaan tiga hari,” ujar BR.

Kendala yang dihadapi De Alas Kaki saat ini lokasi laundry kurang strategis, dan modal ter­batas. Cara mengatasi masalah permodalan, De Alas Kaki pinjam ke teman-teman, dengan modal perhitungan dan kepercayaan. “Modal De Alas Kaki belasan juta dan omset perbulan jutaan rupiah,” pung­kasnya.

2 KOMENTAR

Comments are closed.