longsor-puncak-(5)BOGOR TODAY – Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat melaku­kan pengalihan arus di jalur Puncak khusus untuk kendara­an yang akan menuju Bandung karena jalan tertutup total akibat longsor di wilayah Cianjur.

“Kendaraan yang hendak ke Bandung melalui Puncak-Cian­jur dialihkan ke arah Sukabumi, jalur ditutup total karena ada longsor di Cianjur,” kata Kasub­ag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspitalena di Bogor, kemarin.

Ita mengatakan, pengalihan arus dilakukan mulai dari Pos Polingga Ciawi, personel Satlantas Polres Bogor ditempatkan untuk mengarahkan kendaraan yang hendak ke Puncak maupun Cian­jur, untuk menggunakan jalur Sukabumi. “Jalan ditutup total karena ada longsor,” katanya.

BACA JUGA :  Resep Membuat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Menu Makan Siang yang Sedap

Ia mengatakan, Satlantas Polres Bogor telah menyebar luaskan informasi terkait ditu­tupnya jalur Puncak arah Band­ung melalui TMC Polres Bogor dan sosial media. Sekitar pukul 18.53 WIB pengumuman penye­butkan arah bandung melalui Puncak Cianjur ditutup total karena ada longsor.

Pengumuman berikutnya juga disampaikan melalui TMC Polres Bogor pukul 19.22 WIB, mengumumkan Pengalihan arus di Pos Polingga Ciawi, kendaraan yang akan ke Bandung melalui puncak dialiahkan ke Sukabumi.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Sulistyo Pud­jo mengatakan peristiwa longsor dilaporkan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Longsor terbingan terjadi di pinggir jalan daerah Cugenang, Cianjur. “Material longsor menutupi jalur utama Bogor-Cianjur sepanjang lima meter,” katanya.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Ia mengatakan, tidak ada kor­ban jiwa dalam peristiwa, aparat kepolisian setempat beserta war­ga sedang melakukan upaya pem­bersihan material longsor yang menutupi jalan, agar bisa dilalui. “Kepala BPBD dan Bina Marga su­dah dihubungi untuk mengerah­kan alat berat,” katanya.

Untuk menghindari ant­rian kendaraan di Jalur Puncak menuju Cianjur dan sebaliknya, Kepolisan Daerah Jawa Barat telah menyebarluaskan informa­si adanya peristiwa longsor yang mengakibatkan tertutupnya jalur tersebut. “Kami sudah me­nyebarluaskan informasi kepada masyarakat, untuk arus yang ke Jakarta dialihkan arusnya me­lalui jalur Jonggol dan Sukabu­mi,” tandasnya.

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================